×

Contoh Tembang Pocung dan Artinya, Mulai dari Tema Kehidupan, Pendidikan, Hingga Kemanusiaan

by

OTONITY.com – Artikel berikut ini adalah contoh-contoh tembang Pocung yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Indonesia merupakan negara dengan berbagai ras dan suku yang hidup bersama dan satu kesatuan. Hal tersebut membuat negara ini memiliki beraneka ragam kebudayaan yang mana salah satunya adalah tembang.

Baca juga: Spoiler Drama Blind Episode 16 Terakhir, Ryu Sung Hoon Adalah Mastermind Semua Kejahatan?

Baca juga: Spoiler Drama BL Hard Love Mission (2022) Episode 4, Gawat! Yoshi Kembali ke Bangkok, Putter Galau Akut

Baca juga: Nonton Drama BL Thailand Big Dragon (2022) Episode 5 Sub Indo, Mangkorn Sedih dan Terpaksa Bertunangan dengan Hong

Tembang sendiri adalah sebuah lirik/sajak yang mempunyai irama nada sehingga dalam bahasa Indonesia biasa disebut sebagai lagu. Biasanya tembang dikenal sebagai lagu tradisional di Bali dan Jawa.

Salah satu jenis tembang yang masih eksis hingga saat ini adalah tembang Macapat. Tembang tersebut merupakan tembang atau puisi tradisional Jawa.

Berdasarkan beberapa sumber, setiap bait macapat mempunyai baris kalimat yang disebut gatra, dan setiap gatra mempunyai sejumlah suku kata tertentu, dan berakhir pada bunyi sajak akhir yang disebut guru lagu.

Tembang Macapat juga terbagi menjadi beberapa jenis yang mana disesuaikan dengan tema dan fungsinya. Salah satu tembang Macapat yaitu tembang Pocung.

Tentang Tembang Pocung

Tembang Pocung menceritakan tubuh manusia yang hanya perjalanan hidup manusia paling akhir di dunia. Tembang Pocung memiliki filosofi tentang suatu ritual saat melepaskan kepergian seseorang yang telah meninggalkan jasadnya.

Baca juga: Cara Bayar Cicilan Motor Lewat m-Banking BCA, Anti Ribet dan Bayar Angsuran Makin Lancar

Baca juga: Cara Agar Pantang Menyerah Demi Kesuksesan di Masa Depan: Yuk Bisa Yuk!

Baca juga: Cara Mengadakan Rapat Kerja Dengan Komunikasi yang Efektif Untuk Semua Anggota

Contoh Tembang Pocung

Untuk lebih memahami materi, berikut ini adalah contoh tembang Pocung lengkap dengan artinya:

1. Tema Pendidikan