×

Cara Menghitung Zakat Mal, Amalan Wajib Bagi Umat Islam yang Mampu

by

OTONITY.com – Di bawah ini kami sampaikan informasi terkait cara menghitung zakat mal, tenang saja, berikut ini kami berikan jawabannya buat kamu pada artikel ini. Tanpa berlama-lama lahgi yuk simak penejelasannya.

Zakat merupakan amalan wajib bagi umat Islam yang sudah mampu. Zakat Mal adalah zakat yang dikenakan atas harta yang secara substansi perolehannya tidak bertentangan dengan ketentuan agama. Itu merupakan pengertian yang diberikan oleh baznas.go.id.

Baca Juga: Cara Menghitung Panjang Bouwplank, Buat Pembatas Konstruksi Jadi Makin Mudah

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank, Lengkap dengan Informasi Alat dan Material

Baca Juga: Ukuran KTP di Word dan Photoshop, Ketahui Cara Setting Untuk Mencetaknya!

Amalan yang satu ini wajib untuk umat Islam yang sudah mampu. Jika kamu merasa ragu, perhatikan artikel di bawah ini untuk bisa menjawab pertanyaan kamu.

Berikut ini kami sampaikan informasi mengenai harta apa saja yang dikenai oleh zakat mal:

– Zakat emas, perak, dan logam mulia lainnya: zakat yang dikenakan atas emas, perat, dan logam lainnya yang sudah mencapai nisab dan haul.

– Zakat atas uang dan surat berharga lainnya: zakat yang dikenakan atas uang, harta yang disetarakan dengan uang, serta surat berharga yang sudah mencapai nisab dan haul.

– Zakat perniagaan: zakat yang dikenakan atas usaha perniagaan yang sudah mencapai nisab dan haul.

– Zakat pertanian, perkebunan, dan kehutanan: zakat yang dikenakan atas hasil pertanian, perkebunan, dan hasil hutan saat panen.

– Zakat peternakan dan perikanan: zakat yang dikenakan atas binatang ternak dan hasil perikanan yang sudah mencapai nisab dan haul.

– Zakat perindustrian: zakat atas usaha yang bergerak dalam bidang produksi barang dan jasa.

– Zakat pendapatan dan jasa: zakat yang dikeluarkan dari penghasilan yang diperoleh dari hasil profesi pada saat menerima pembayaran.

– Zakat rikaz: zakat yang dikenakan atas harta temuan yang kadar zakatnya 20%.

Cara Menghitung Zakat Mal

Secara keseluruhan, kadar zakat yang dikenakan atas harta yang dimiliki sebesar 2,5 persen, kecuali zakat rikaz (20 persen).