×

Biaya Penyusutan Alat Termasuk Jenis Biaya Apa? Cek Jawabannya Disini!

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai biaya penyusutan alat yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dalam ekonomi tentunya tidak asing dengan istilah biaya. Biaya sendiri merupakan nilai moneter atau jumlah uang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa.

Baca juga: Daftar Biaya MRI Scan Terbaru 2022 di Rumah Sakit Indonesia, Dilengkapi dengan Informasi Prosedur

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank, Lengkap dengan Informasi Alat dan Material

Baca juga: Sifat Utama dari Biaya Tetap Adalah? Berikut Pengertian, Ciri-Ciri, Sifat, dan Jenisnya

Jika dari sudut pandang penjual, jika mereka dapat menjual barang dengan harga yang sama dengan beban produksi, maka mereka akan mencapai BEP (break even point). Artinya tidak akan kehilangan uang dari penjualan, tetapi juga tidak mendapatkan keuntungan.

Sedangkan dari sudut pandang pembeli, biaya suatu produk disebut sebagai harga. Harga sendiri adalah jumlah yang dibebankan oleh penjual terhadap suatu produk yang sudah termasuk beban untuk membuat produk tersebut serta mark-up yang ditambahkan oleh penjual untuk menghasilkan keuntungan.

Pengertian Biaya Penyusutan

Penyusutan adalah pengalokasian harga suatu aktiva tetap selama masa kegunaannya dengan metode tertentu. Timbulnya biaya penyusutan ini diakibatkan oleh berkurangnya manfaat suatu aktiva dari waktu ke waktu. Penyusutan tidak berlaku terhadap aktiva tanah karena harganya yang terus naik setiap tahun.

Saat akhir periode (satu tahun), akun aktiva tetap harus dicatat dalam jurnal penyesuaian akibat adanya penyusutan ini. Biayanya dihitung menggunakan metode tertentu. Tetapi sebelum menentukan metode, faktor mendasar dalam penghitungan tersebut perlu dipahami terlebih dulu.