×

Fungsi MAP (Manifold Absolute Pressure) yang Ternyata Penting Banget Buat Mobil

by

OTONITY.com – Berikut ini kami sampaikan pembahasan terkait pengertian dan fungsi MAP (Manifold Absolute Pressure). Untuk kalian yang mungkin masih awam, bisa menyimak artikel ini untuk mendapatkan pemahaman lebih jelasnya.

Untuk kalian yang masih baru namun merasa tertarik dengan dunia otomotif, kali ini pada otonity.com kalian bisa memperluas wawasan. Dalam hal mesin mobil kami akan memberikan pembahasan terkait fungsi dari MAP (Manifold Absolute Pressure). Simak selengkapnya di sini.

Baca Juga: Jenis Alat Ukur Penelitian Untuk Karya Ilmiah, Lengkap dengan Fungsi dan Kegunaannya

Baca Juga: Apa yang Dimaksud Dengan TMB (Titik Mati Bawah) adalah: Pengertian, Ciri Ciri, Tujuan, Serta Fungsinya Lengkap

Baca Juga: Hal yang Mempengaruhi Arah Gerak Jarum Galvanometer: Berikut Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan oleh orang – orang. Mobil merupakan moda transportasi pribadi yang selain aman dari panas dan hujan, mobil juga bisa membuat kita lebih santai dalam perjalanan.

Pengertian MAP (Manifold Absolute Pressure)

Manifold Absolute Pressure Sensor (MAP sensor) merupakan salah satu sensor yang digunakan dalam sistem kontrol elektronik mesin pembakaran internal. Mesin yang menggunakan sensor MAP biasanya bahan bakar injeksi.

Cara kerja MAP (Manifold Absolute Pressure)

Membaca perubahan tekanan udara yang terjadi di dalam intake manifold dan mengubahnya menjadi tegangan listrik dengan menggunakan flexible silicon chip yang diletakkan diantara ruang vakum absolut dan ruangan dalam intake manifold.

Letak Manifold Absolute Pressure Sensor

Manifold absolute pressure sensor kamu rusak, maka kemungkinan besar mesin tak akan bisa menyala atau bahkan RPM mentok di angka tertentu. Itulah sebabnya kalian juga harus tahu dimana letak manifold absolute pressure, jadi ketika rusak kalian dapat mengetahui dan menggantinya dengan mudah.