×

Macam Macam Relay Menurut Posisi Awal Dari Kontak Pointnya Ada 2 Yaitu NC dan NO

by

OTONITY.com – Kali ini kami sampaikan informasi terkait macam macam jenis relay listrik berdasarkan posisi awal dari kontak pointnya yang harus kamu tahu dan tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Tahukah kamu apa itu relay? Relay adalah saklar elektromekanikal yang digunakan untuk membuka dan menutup rangkaian listirk serta menstimulasi listrik kecil menjadi arus yang lebih besar.


Pada dasarnya relay digunakan sebagai penghubung dan pemutus arus listrik. Elektromagnet yang ada pada relay akan menggerakkan switch. Dengan demikian, arus listrik dengan daya kecil dapat mendistribusikan listrik menuju tegangan yang lebih tinggi.

Baca juga: 5 Macam Topologi Jaringan Komputer yang Paling Sering Digunakan: Kamu Suka Pakai Mana Nih?

Baca juga: Berikut Ini Jenis Topologi Jaringan Komputer yang Benar adalah: Terdapat 6 Macam yang Wajib kamu Tahu

Baca juga: 3 Macam Biaya Overhead Pabrik Dalam Proses Produksi yang Wajib Kamu Tahu

Terdapat banyak sekali fungsi relay yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali relay digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri pabrik, kebutuhan rumah, dan juga otomotif.

Cara Kerja Relay

Komponen yang menyusun relay terdiri dari 4, diantaranya yaitu elektromagnetik (coil), armature, switch contact point (saklar), dan spring.

Saklar yang terdapat pada kontak pont sendiri dikelompokkan menjadi 2 macam, yakni normally close (NC) dan normally open (NO).

Saat tegangan listrik mengalir pada sebuah elektromagnetik, maka akan membentuk sebuah medan magnet. Tegangan itulah yang kemudian menjadi sumber daya pada relay.