×

Pengertian TDC (Top Dead Center) Dalam Kerangka Mesin Kendaraan Adalah Sebagai Berikut

by

Komponen merupakan beberapa benda penyusun dari suatu alat, dimana komponen pada mesin sepeda motor. Akan tetapi bentik dari abgian mesin motor ada yang berbeda dengan mesin mobil.

Tak hanya TDC ada pula beberapa istilah lain seperti TMB atu TMA. TMB (titik mati bawah) atau BDC (bottom dead centre) adalah posisi piston berada pada titik paling bawah dalam silinder mesin atau piston berada pada titik paling dekat dengan poros engkol (crankshaft).

Sedangkan TMA (titik mati atas) adalah titik di mana piston berada di posisi paling atas di dalam silinder. Piston itu bergerak secara kontinyu dari TMB (titik mati bawah) ke TMA, dan sebaliknya.

Pengertian TDC (Top Dead Center)

TDC dan BDC sama dengan TMA dan TMB, hanya saja istilah TDC dan BDC merupakan bahasa inggrisnya dari istilah TMA dan TMB. TDC sama dengan TMA, yaitu TDC kepanjangan dari Top Dead Center. Di sisi lain BDC sama dengan TMB, yaitu BDC kepanjangan dari Bottom Dead Center.

TDC (Top Dead Center) Mesin Mobil — TDC (Top Dead Center) adalah merupakan salah satu cara standart untuk melakukan penyetelan mesin, atau pembongkaran mesin (overhaul), seperti tune up ataupun penggantian timing belt. Dengan mengetahui dari titik mati atas piston yang di harapkan akan mudah dalam melakukan proses perakitan kembali mesin mobil.