×

Rumus Jangka Sorong Beserta Contoh Soal dan Pembahasannya

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai rumus jangka sorong beserta contoh soalnya yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dewasa ini sudah banyak jenis alat ukur yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alat ukur sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sesuatu. Jenis alat ukur sendiri berbagai macam yang mana sesuai dengan fungsi penggunaannya. Selain itu, penggunaannya harus tepat guna menghindari kerusakan.

Baca juga: Cara Beli Tiket Konser Cigarettes After Sex Jakarta 2023 dan Jadwal Manggungnya

Baca juga: Cara Mengatasi dan Perbaiki Error E16 Canon Mp287, Printermu Ternyata Bisa Berjalan Normal!

Baca juga: Link Download Basara 2 Heroes Untuk Android Lengkap Dengan Cara Menginstalnya

Banyak sekali alat-alat yang sering digunakan untuk menghitung ukuran dan salah satunya adalah jangka sorong. Di sekolah, kita dapat menggunakan alat ini untuk pelajaran.

Jika di pabrik atau bengkel karena jangka sorong berguna sebagai mendeteksi atau mencocokkan panjang serta diameter dari mesin yang akan diganti. Selain itu, jangka sorong pun juga bisa berfungsi sebagai alat ukur bagi para ahli kunci.

Pengertian Jangka Sorong

Jangka sorong pertama kali ditemukan pada tahun 1613 oleh Pierre Vernier. Jangka sorong menjadi alat ukur panjang yang memiliki batas ukur sampai 10 cm dengan tingkat ketelitian mencapai 0,1 mm atau 0,01 cm. Selain itu, jangka sorong mempunyai banyak ukuran dengan rentang pengukuran dari 100 mm sampai dengan 3000 mm atau 4 inci sampai 120 inci.

Fungsi Jangka Sorong

Berikut ini adalah fungsi dari jangka sorong:

• Berfungsi untuk mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit
• Berfungsi mengukur sisi dalam bentuk benda yang biasanaya berupa lubang seperti pada pipa dengan cara mengulurnya
• Berfungsi mengukur kedalaman celah atau lubang suatu bentuk benda dengan cara menancapkan atau menusukan bagian alat ukur
• Berfungsi mengukur ketebalan suatu bentuk benda
• Berfungsi mengukur diameter dalam bentuk benda menggunakan rahang tetap dan rahang geser atas
• Berfungsi mengukur kedalaman suatu bentuk benda menggunakan tangkai ukur bagian bawah, misalnya kedalaman tabung, lubang kecil, atau perbedaan tinggi yang relatif kecil
• Memiliki dua skala, yaitu skala utama dan nonius

Baca juga: Fungsi Resistor Adalah? Simak Penjelasannya Lengkap dengan Rumus Menghitung Untuk Susunan Seri dan Paralel