×

R Tabel Adalah: Pengertian, Fungsi, Rumus, dan Contoh Soal

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai pengertian dari r tabel dalam sebuah penelitian ilmiah yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan teori dalam sebuah riset. Dalam penelitian sendiri tentunya butuh data yang mana nantinya akan diolah dan dibuat kesimpulan. Oleh sebab itu, sebuah penelitian membutuhkan instrumen penelitian.

Baca juga: Baca Manhua Fist Demon of Mount Hua Chapter 108 Bahasa Indonesia, Panik! Perempuan dari Demon Cult Datang Merebut Sacred Relic

Baca juga: Link Nonton Film New Gods: Yang Jian Sub Indo Full Movie, Petualangan Reinkarnasi Pendekar dari Kota Naga

Baca juga: Jenis-Jenis White Box Testing, Mulai Dari Basic Path, Cyclomatic Complexity, dan Graph Matrix

Instrumen penelitian sendiri digunakan untuk mengukur fenomena alam maupun sosial yang menjadi topik penelitian. Secara sederhana, instrumen penelitian adalah sebuah alat atau media yang digunakan untuk mengumpulkan data.

Setelah data terkumpul, seorang peneliti akan membuat uji yang mana salah satunya adalah uji validitas. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui suatu standar atau dasar ukuran yang menunjukkan sebuah ketetapan (appropriateness), kemanfaatan (userfulness) dan kesahihan yang mengarah kepada ketepatan interpretasi suatu prosedur evaluasi sesuai dengan tujuan pengukurannya.

Uji validitas ini menggunakan r tabel dalam pengolahan datanya. Lantas, apa itu r tabel?

Pengertian r Tabel

Dilansir dari berbagai sumber, r tabel adalah sebuah tabel yang berisi mengenai angka-angka yang biasa dapat digunakan dalam menguji hasil suatu uji validitas pada instrumen penelitian.

Rumus r pada bentuk tabel ini dapat dijadikan media yang tepat untuk dapat melakukan berbagai macam perhitungan. Perhitungan pada tabel r memiliki tujuan untuk menguji berbagai kemungkinan hasil validitas instrumen penelitian.