×

Tata Cara Mandi Wajib Menurut Nahdlatul Ulama Untuk Perempuan dan Laki Laki

by

OTONITY.com – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tata cara mandi wajib nahdlatul ulama (NU). Berikut informasi selengkapnya, simak artikel ini sampai habis ya!

Nahdlatul Ulama adalah sebuah organisasi agama Islam yang terbentuk pada tahun 1926 yang lahir dari pesantren, pendirinya adalah K.H. As‟ari. Tujuan NU adalah untuk menjaga berlakunya ajaran Islam yang menganut paham ahlussunnah wal jamaah (aswaja).

Salah satu pokok dalam praktik bersuci yang wajib adalah mandi janabah atau dalam masyarakat secara praktis disebut mandi junub untuk menghilangkan hadats besar.

Baca juga: Pengertian Sistem Operasional Prosedur (SOP) Dalam Perusahaan Hingga Cara Pembuatannya

Baca juga: Cara Mengatasi WA (WhatsApp) yang Disadap: Jangan Sampai Kecolongan Data

Baca juga: Cara Edit Foto Blur di PicsArt Hingga Capcut, Buat Hasilnya Agar Aesthetic!

Mandi besar atau mandi wajib adalah mandi atau menuangkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadats besar.

Ketika seseorang tidak mandi junub karena dia tidak tahu hukumnya, berarti dia meninggalkan salah satu syarat sah shalat, karena tidak tahu.

Penyebab Mandi Wajib

1. Berhubungan intim
2. Keluar air mani
3. Mimpi Basah
4. Keluarnya darah haid dan nifas
5. Mualaf
6. Jenazah

Doa Mandi Wajib

“Bismillahi rahmani rahim, nawaitul ghusla liraf’il hadasil akbari minal janabati fadlon lillahi ta’alaa.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari junub, fardu karena Allah Ta’ala.”

Jika hadas besar yang mengenai perempuan karena disebabkan oleh keluarnya darah dari organ intim. Sebab setelah melahirkan atau nifas, maka dapat membaca doa niat mandi junub yaitu sebagai berikut: