×

Contoh Soal Diagram Lingkaran, Materi Geometri Satu Ini Sering Berhubungan Dengan Derajat

by

OTONITY.com – Ketika mempelajari matematika, pastinya kamu akan mendapatkan berbagai macam topik-topik seperti bilangan (aritmetika dan teori bilangan), rumus dan struktur terkait (aljabar), bangun dan ruang tempat mereka berada (geometri), dan besaran serta perubahannya (kalkulus dan analisis).

Salah satunya dalam materi geometri kamu perlu mengetahui beragam contoh soal diagram lingkaran. Jika kamu ingin belajar dan mencari beberapa di antaranya untuk melatihmu, selengkapnya dapat simak pembahasan berikut.

Baca Juga:  R Tabel Adalah: Pengertian, Fungsi, Rumus, dan Contoh Soal

Baca Juga:  Rekomendasi Aplikasi Jawab Soal Matematika yang Terbukti Membayar: Hasilkan Cuan Kapan dan Dimana Saja

Baca Juga:  Kumpulan Soal UTS PAI Kelas 7 SMP Semester 1 Kurikulum Merdeka Lengkap Dengan Kunci Jawabannya: Buat Latihan

Salah satu bab yang harus dipelajari dalam matematika adalah diagram. Diagram sering kali dipakai untuk menyajikan sebuah data oleh berbagai kalangan, mulai dari akademisi hingga praktisi. Pilihan tersebut dilandasi oleh anggapan bahwa diagram mampu memvisualisasikan informasi secara ringkas sehingga cenderung lebih mudah dipahami.

Diagram sendiri dibagi menjadi beberapa bentuk, salah satunya adalah diagram lingkaran. Lantas, apa itu diagram lingkaran dan bagaimana rumusnya?

Diagram Lingkaran

Dilansir dari berbagai sumber, diagram lingkaran merupakan salah satu jenis diagram yang secara visual menampilkan statistik data dalam grafik melingkar menyerupai lingkaran. Di dalam diagram lingkaran terdapat beberapa irisan berisi variabel numerik dan variabel kategori yang merepresentasikan ukuran sebuah data.

Diagram lingkaran berfungsi untuk menunjukkan suatu nilai dari total data keseluruhan. Disajikan dalam bagian-bagian terpisah berdasarkan kategori tertentu di mana tujuannya untuk membuat perbandingan.

Fungsi yang paling umum adalah untuk menampilkan presentase data secara keseluruhan serta presentase data pada periode waktu tertentu. Berbeda dengan diagram batang maupun garis, diagram lingkaran tidak menunjukkan perubahan data dari waktu ke waktu.

Rumus Diagram Lingkaran

Ada beberapa langkah dasar yang harus anda ketahui pada rumus diagram lingkaran ini, diantara langkah langkah dasar tersebut yaitu :

  • Pengkategorian data
    • Menghitung total data
    • Membagi data berdasarkan kategori
    • Mengubah data kedalam bentuk presentase
    • Menghitung derajat data

Dari beberapa langkah dasar diatas, diperoleh ketetapan rumus diagram lingkaran sebagai berikut :

Diagram lingkaran = (Data yang Diberikan/Nilai Total Data) × 360°

Notes : Total nilai dari sebuah lingkaran selalu 100% dan ini sebanding dengan 360 derajat. Jadi, rumus umumnya berpatokan pada kedua kunci ini. Kemudian, tidak wajib untuk mengubah data terlebih dahulu ke dalam bentuk persentase, Anda bisa langsung mencari berapa derajatnya jika memang itu yang diminta.

Contoh Soal Diagram Lingkaran

Berikut ini kami akan sajikan beberapa contoh soal yang bisa muncul dalam materi matematika tentang diagram lingkaran.

Contoh Soal 1