×

Timing Light Adalah Alat Penting Ketika Terjadi Pengapian di Kendaraan, Fungsinnya Sangat Penting Lho!

by

Hal ini digunakan untuk mengetahui hasil pemeriksaan saat pengapian terlalu maju atau terlalu mundur dari spesifikasi kendaraan tersebut sehingga nantinya dapat dilakukan tindakan selanjutnya yaitu melakukan penyetelan saat pengapian.

Biasanya, terdapat dua jenis timing light berdasarkan jumlah kabelnya, yaitu timing light dengan 3 kabel dan timing light dengan 1 kabel.

Timing light memiliki 3 kabel terdiri dari kabel warna merah (untuk tegangan positif), kabel warna hitam (untuk tegangan negatif), dan kabel pemicu. Lalu, untuk timing light dengan 1 kabel hanya terdapat kabel pemicu saja.

Kabel warna merah dan hitam pada timing light dengan 3 kabel digunakan untuk menghubungkan timing light dengan sumber listrik, sedangkan pada timing light dengan 1 kabel dan di dalam timing light tersebut sudah dilengkapi dengan baterai sebagai sumber listrik untuk timing light.

Prinsip Kerja Timing Light di Kendaraan

Timing light memanfaatkan arus induktif pada kabel tegangan tinggi busi untuk menyalakan lampu strobo sehingga dapat menunjukan saat pengapian dengan jelas. Nantinya, timing light membutuhkan catu daya entah dari baterai maupun catu daya luar seperti baterai kendaraan. Selain itu terdapat satu kabel induktif yang terhubung dengan kabel tegangan tinggi busi.

Pada timing light, inductive pick up coil mengambil sinyal induktif yang dihasilkan dari tegangan tinggi pada kabel busi silinder nomor satu. Sinyal induktif ini akan diterima oleh penguat arus yang terdapat pada mekanisme timing light untuk menyalakan lampu strobo. Sistem penguat arus pada timing light mampu meningkatkan tegangan dari 12 volt menjadi 10000 volt. Selain itu, proses penyalaan lampu strobo sangat cepat sesuai dengan kecepatan putaran mesin.

Lalu, pada dumper pulley atau bagian flywheel terdapat tanda saat pengapian mulai dari 0 sampai 20 derajat. Cahaya stroboscopic diarahkan pada mark atau tanda pada dumper pulley maka kedipan cahaya akan menunjukan angka seberapa besar saat pengapian.