×

Cara Membaca r Tabel dalam Uji Korelasi Parsial, Gampang Banget dan Agar Penelitan Makin Lancar

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara membaca r tabel dalam uji korelasi parsial yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), koreasi berarti hubungan timbal balik atau sebab-akibat. Sedangkan dalam statistika, uji korelasi adalah sebuah teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat yang diuji.

Baca juga: Cara Uji Korelasi Menggunakan SPSS dengan Mudah dan Benar, Solusi Tepat dalam Penelitian

Baca juga: Acara Show Me The Money Season 11 Ajang Kompetisi Rapper Terbaik! Link Nonton Legal Sub Indo

Baca juga: Koefisien Korelasi Adalah: Pengertian, Rumus, dan Cara Analisis

Bentuk hubungan yang dimaksud adalah mengetahui sifat hubungan variabel X dan Y, bentuknya yaitu :

• Jika sifat hubungannya positif, artinya jika variabel X naik, maka variabel Y juga naik.
• Jika sifat hubungannya negatif, artinya jika variabel X naik, maka variabel Y turun. Jadi, kebalikannya atau memiliki arah yang berlawanan.
• Jika kedua variabel tidak memiliki hubungan, maka nilainya akan menunjukkan angka 0 (nol).

Hubungan Variabel dalam Uji Korelasi

Terdapat tiga cara untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Berikut ini adalah tata caranya:

• Melihat dari rhitung, caranya dengan membandingkan rhitung dengan rtabel. Apabila rhitung > rtabel maka H0 ditolak artinya kedua variabel memiliki hubungan. Apabila rhitung < rtabel maka H0 diterima artinya kedua variabel tidak memiliki hubungan.

• Melihat dari nilai signifikansinya. Caranya apabila nilai signifikansi variabel < 0,05 artinya terdapat hubungan secara signifikan antara kedua variabel. Apabila > 0,05 artinya tidak terdapat hubungan secara signifikan antara kedua variabel.

• Melihat nilai Pearson Correlation. Apabila nilainya sama dengan 0 (nol), maka kedua variabel tidak terdapat hubungan. Sebaliknya, Apabila nilainya tidak sama dengan