×

Alat Ukur Suhu Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macamnya

by

Baca juga: Sinopsis Drama Revenge of Others (2022) Episode 5, Sisi Pahlawan Soo Heon Akan Muncul?

Skala termometer ruang adalah dari -50 °C sampai 50 °C. Skala ini dipergunakan karena suhu udara di beberapa tempat bisa mencapai dibawah 0 oC, misalnya pada wilayah Eropa. Sementara di sisi lainnya, suhu tidak pernah melebihi 50 °C.

b. Termometer Laboratorium

Digunakan untuk mengukur suhu air yang sedang dipanaskan atau air dingin. Sebagai medianya, termometer laboratorium memakan alkohol atau air raksa.

c. Termometer Klinis

Alat ini digunakan untuk mengukur suhu badan. Ada termometer digital dan ada yang manual. Termometer manual alias termometer analog biasanya terdiri atas tabung, penanda, dan zat yang bisa bereaksi dengan suhu tubuh.

Termometer ini digunakan oleh dokter untuk mengukur suhu pada tubuh pasien. Dalam keadaan sehat, suhu tubuh manusia sekitar 37 °C, tetapi ketika demam, suhu tubuh dapat melebihi angka tersebut, bahkan bisa mencapkai angka 40 °C.

d. Termometer Six-Bellani

Termometer Six-Bellani adalah termometer yang dapat mengukur suhu maksimum dan minimum yang dicapai selama periode waktu tertentu. Alat ini digunakan untuk merekam suhu ekstrem di suatu lokasi.

Baca juga: Koefisien Korelasi Adalah: Pengertian, Rumus, dan Cara Analisis

Baca juga: Spoiler Webtoon Dark Moon: The Blood Altar Chapter 26, Panti Asuhan Sooha Adalah Tempat yang Mengerikan

Baca juga: Ciri-Ciri Social Butterfly Alias Si Kupu Kupu Sosial yang Umumnya adalah Extrovert