×

Lari Cepat Atau Lari Jarak Pendek Pada Umumnya Menempuh Jarak Berapa? Cari Tahu Jawabannya Di Sini

by

OTONITY.com – Cabang olahraga atletik memang banyak sekali beragam macamnya. Apalagi yang berhubungan dengan lari dan dalam kesempatan berikut kami akan sajikan informasi mengenai lari cepat.

Lari cepat atau lari jarak pendek pada umumnya menempuh jarak yang telah disesuaikan dan diatur. Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja dapat simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga: Lari Jarak Menengah Adalah Lari yang Menempuh Jarak Berapa? Cek Jawabannya Disini!

Baca Juga: Faktor Utama Pemberi Kontribusi Terhadap Lari Jarak Menengah Adalah?

Baca Juga: Teknik Lari Jarak Pendek Sesuai dengan Peraturan, dari Start Sampai Finish

Lari merupakan aktivitas gerak siklis (berulang-ulang) kaki kanan dan kaki kiri yang secara bergantian melangkah ke depan, disertai dengan adanya ayunan lengan kanan dan lengan kiri, yang melenggang secara bergantain.

Apa perbedaannya dengan jalan? Perbedaan yang paling menonjol adalah dalam lari ada saat melayang atau tidak menyentuh permukaan tanah, sedangkan dalam jalan tidak ada saat melayang. Artinya apabila orang berjalan, kontak kaki dengan tanah tidak pernah terputus.

Tentang Lari Pendek dan Jaraknya

Lari jarak pendek berarti jenis lari yang dikuasainya ini dengan kekuatan dan kecepatan penuh sepanjang garis lintasan yang telah ditentukan dari start hingga finish. hal tersebut dilakukan untuk meraih kemenangan berdasarkan catatan waktu yang paling singkat.

Lari jarak pendek termasuk ke dalam cabang olahraga atletik. Lari jarak pendek umumnya menempuh jarak 100, 200, dan 400 meter. Nama lain dari lari jarak pendek adalah sprint atau lari cepat sehingga sang pelari jarak pendek disebut sprinter.

Aturan Lari Jarak Pendek

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah peraturan-peraturan dalam lari jarak pendek: