×

Diagram Batang Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya

by

OTONITY.com – Artikel berikut ini adalah informasi mengenai pengertian dari diagram batang yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Matematika merupakan bidang ilmu, yang mencakup studi tentang topik-topik seperti bilangan (aritmetika dan teori bilangan), rumus dan struktur terkait (aljabar), bangun dan ruang tempat mereka berada (geometri), dan besaran serta perubahannya (kalkulus dan analisis).


Baca juga: Contoh dan Gambar Diagram Garis, Lengkap dengan Penjelasannya

Baca juga: Diagram Venn 3 Himpunan Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Rumus

Baca juga: Diagram Garis Adalah: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Membuat

Salah satu cabang ilmu dalam matematika adalah statistika. Cabang ilmu tersebut berisi pengumpulan, pemrosesan, dan penyajian data. Untuk menyampaikan data, kamu bisa menggunakan diagram batang.

Pengertian Diagram Batang

Berdasarkan beberapa sumber, diagram batang merupakan suatu diagram yang menampilkan batang-batang persegi atau balok yang dipakai untuk menampilkan suatu data. Diagram tersebut juga menggambarkan sebuah perubahan nilai-nilai objek atau data penelitian dalam periode tertentu.

Diagram batang digunakan untuk menyajikan data dalam kepentingan perbandingan, yaitu untuk membandingkan lebih dari satu kegiatan. Selain itu, diagram batang digunakan untuk menampilkan perubahan data penelitian dalam periode tertentu.

Fungsi Diagram Batang

Fungsi dari diagram batang yaitu mempermudah pembaca dalam mencari atau melihat data dalam periode waktu tertentu. Hal tersebut dikarenakan menggunakan diagram batang akan mudah dalam mencatat sebuah data yang dimasukkan dalam waktu tertentu. Jadi, pembaca dengan mudah melihat data tertinggi dan data terendah.