×

Cara Membuat Diagram Batang dengan Baik dan Benar, Lengkap dengan Tutorial Membacanya

by

OTONITY.com – Bingung cara membuat diagram batang? Tidak usah khawatir! Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai cara membuat dan membaca diagram batang dengan baik dan benar yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Berdasarkan beberapa sumber, diagram batang merupakan suatu diagram yang menampilkan batang-batang persegi atau balok yang dipakai untuk menampilkan suatu data. Diagram tersebut juga menggambarkan sebuah perubahan nilai-nilai objek atau data penelitian dalam periode tertentu.


Baca juga: Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat Wa Dari Saldo Hingga Tagihan, Mudah Banget!

Baca juga: Cara Pasang STB ke TV LED yang Masih Analog, Bisa Langsung Nikmati Siaran TV Digital Dengan Cara Ini!

Baca juga: Cara Pakai Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x Untuk Membersihkan Pori-Pori Serta Mengontrol Sebum

Diagram batang digunakan untuk menyajikan data dalam kepentingan perbandingan, yaitu untuk membandingkan lebih dari satu kegiatan. Selain itu, diagram batang digunakan untuk menampilkan perubahan data penelitian dalam periode tertentu.

Fungsi Diagram Batang

Fungsi dari diagram batang yaitu mempermudah pembaca dalam mencari atau melihat data dalam periode waktu tertentu. Hal tersebut dikarenakan menggunakan diagram batang akan mudah dalam mencatat sebuah data yang dimasukkan dalam waktu tertentu. Jadi, pembaca dengan mudah melihat data tertinggi dan data terendah.

Tujuan Diagram Batang

Sedangkan tujuan pembuatan diagram batang adalah untuk memudahkan pembaca dalam melihat data dengan cara yang mudah dan sederhana. Jenis diagram ini juga bertujuan untuk menggambarkan kinerja objek penelitian selama periode waktu tertentu.

Cara Membuat Diagram Batang

Untuk membuat diagram batang, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini: