×

Kapasitor Adalah: Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi, dan Simbolnya

by

OTONITY.com – Pada artikel berikut ini adalah informasi mengenai pengertian kapasitor yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Diketahui jika elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat.


Baca juga: Daftar Komponen Rangkaian Sederhana Agar Arus Listrik Bisa Mengalir

Baca juga: 5 Cara Setting Token Listrik Biar Irit Untuk Berbagai Merk Meteran, Cek Punyamu

Baca juga: Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Lewat HP Android dan iPhone, Bisa Pake WhatsApp!

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang saat ini. Listrik sendiri merupakan rangkaian yang dapat menghasilkan power (daya) atau kekuatan yang ditimbulkan karena adanya pergesekan melalui suatu proses kimia.

Listrik dapat digunakan untuk menghasilkan panas ataupun cahaya untuk menjalankan mesin serta perangkat elektrik. Itulah alasannya kenapa listrik saat ini sudah tidak bisa dihilangkan kegunaannya.

Pengertian Kapasitor

Dilansir dari berbagai sumber kapasitor (capacitor) adalah suatu komponen elektronika pasif yang mampu menyimpan muatan arus listrik selama batas waktu tertentu. Adapun satuan kapasitansi kapasitor adalah Farad (F).

Nama yang digunakan untuk satuan kapasitor ini diambil dari nama penemunya yang berasal dari Inggris, yaitu Michael Faraday. Namun Farad (F) merupakan satuan yang sangat besar, sehingga kapasitor yang biasanya digunakan pada perangkat elektronika adalah satuan Farad yang akan dikecilkan menjadi  PikoFarad, NanoFarad dan MicroFarad. Adapun contoh konversi satuan Farad (F) adalah sebagai berikut: