×

Kumpulan Gambar Kapasitor Sesuai dengan Jenisnya

by

OTONITY.com – Berikut ini adalah informasi mengenai gambar kapasitor sesuai dengan jenisnya yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini agar tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Dilansir dari berbagai sumber kapasitor (capacitor) adalah suatu komponen elektronika pasif yang mampu menyimpan muatan arus listrik selama batas waktu tertentu. Adapun satuan kapasitansi kapasitor adalah Farad (F).


Baca juga: Spoiler Anime Tensei shitara Ken Deshita Episode 12: Akhir Kisah Perjalanan Fran!

Baca juga: Update! Baca Manhwa Keep It a Secret From Your Mother Chapter 68 Bahasa Indonesia, Haseong Bersama dengan Yeon-ah dan Soo-Yeon Sekaligus!

Baca juga: Baca Manhwa I Shall Master This Family (Lombardy Family) Chapter 94 Bahasa Indonesia, Florentia Tidak Merasakan Kesepian Lagi!

Nama yang digunakan untuk satuan kapasitor ini diambil dari nama penemunya yang berasal dari Inggris, yaitu Michael Faraday. Namun Farad (F) merupakan satuan yang sangat besar, sehingga kapasitor yang biasanya digunakan pada perangkat elektronika adalah satuan Farad yang akan dikecilkan menjadi  PikoFarad, NanoFarad dan MicroFarad. Adapun contoh konversi satuan Farad (F) adalah sebagai berikut:

1 Farad = 1.000.000µF (mikro Farad)
1µF = 1.000nF (nano Farad)
1µF = 1.000.000pF (piko Farad)
1nF = 1.000pF (piko Farad)

Kapasitor merupakan salah satu komponen elektronika yang terdiri dari 2 pelat konduktor yang biasanya dibuat dari bahan logam dan juga isolator sebagai pemisah. Pada suatu rangkaian elektronika, kapasitor (capacitor) akan disingkat dengan huruf “C”.

Fungsi Kapasitor pada Rangkaian Elektronika

Seperti yang kita tahu bahwa kapasitor merupakan jenis komponen yang memiliki peran sangat penting dalam peralatan elektronika. Ini karena komponen kapasitor memiliki banyak sekali fungsi sehingga hampir semua rangkaian elektronika pasti membutuhkannya. Berikut ini adalah beberapa fungsi kapasitor pada rangkaian elektronika.

• Sebagai Penyimpan Muatan Listrik
• Sebagai Penyaring (Filter)
• Sebagai Penghubung Kopling
• Sebagai Penyeimbang Penghantar Listrik
• Sebagai Sekring Listrik
• Sebagai Power Supply
• Sebagai Penyeimbang Fluktuasi Sinyal

Baca juga: Nonton Drama Revenge of Others (2022) Episode 1-12 Sub Indo, Apakah Akhirnya Happy Ending?

Baca juga: R Tabel Adalah: Pengertian, Fungsi, Rumus, dan Contoh Soal

Baca juga: Rangkaian Campuran Adalah: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, dan Rumus

Gambar Kapasitor Sesuai Jenisnya

Berdasarkan bahan isolator dan nilainya, kapasitor dapat dibedakan menjadi 2 macam jenis, yaitu kapasitor nilai tetap dan kapasitor variabel. Berikut ini adalah penjelasan secara singkat mengenai jenis-jenis kapasitor tersebut:

A. Kapasitor Nilai Tetap (Fixed Capacitor)

Kapasitor nilai tetap (fixed capacitor) adalah jenis kapasitor yang memiliki konstan atau tidak berubah-ubah. Adapun jenis-jenis kapasitor yang memiliki nilai tetap adalah sebagai berikut: