×

Kumpulan Contoh Teks Debat Berbagai Tema, Gampang Dipahami Namun Tetap Berisi!

by

Oposisi: Makannya tadi saya bilang, kembali kepada orangnya. Apakah dapat mengendalikan diri dan tidak dikendalikan gadget. Gadget itu yang alat bukan kita jadi kembali apakah kita mampu membuat alat tersebut terkendali.

Contoh 2: Anak Bukan Robot


Moderator: Saat ini pihak pemerintah telah menerapkan sistem full day school untuk beberapa sekolah negeri tentu saja ini menimbulkan banyak tanggapan orang tua. Bagaimanakah pihak sekolah dan orang tua menanggapi ini.

Pihak Sekolah: Pemerintah telah mengeluarkan pernyataan resmi Full Day School untuk kebaikan siswa juga. Dimana nantinya sekolah akan semakin meningkatkan jadwal KBM.

Pihak Orang Tua: Tetapi saat ini anak saya jadi sering pulang petang karena dia masih harus les. Belum lagi tambahan uang saku karena dia enggak makan di rumah. Kami orang tua murid tidak menyukai sistem ini.

Pihak Sekolah: Justru jika ditelaah lebih dalam tentu ini akan jauh lebih baik. Dimana les bisa diberhentikan karena sekolah telah menambah jam belajar.

Selain itu dari pada memberi uang jajan tambahan akan lebih baik membawakan bekal untuk anak.

Pihak Orang Tua: Loh siapa yang bisa memastikan kalau pembelajaran di sekolah dapat menggantikan les. Anak saya jadi susah bangun pagi karena sudah ke lelahan. Mereka bukan robot dan tetap butuh waktu untuk istirahat, belajar bukan yang utama.

Pihak Sekolah: Ini merupakan cara pemerintah untuk menyiapkan perbekalan yang tepat untuk anak menyambut masa depan. Tetapi kami pihak sekolah akan berusaha menyampaikan semua masukan dan tanggapan dari orang tua.

Pihak Orang Tua: Terima kasih, kami akan merasa sangat lega jika hal itu bisa disampaikan. Namun jangan hanya janji dan akhirnya justru mala dilupakan.

Moderator: Baiklah tetap berjalan sesuai tema dan jangan mulai melenceng dan menyindir pihak lawan. Jika tidak maka debat akan diberhentikan.

Baca Juga :  Contoh Macam-Macam HP Kentang Ada Android dan iOS, Kamu Pernah Pakai yang Mana?

Baca Juga :  Contoh dan Gambar Diagram Garis, Lengkap dengan Penjelasannya

Baca Juga :  Contoh Soal Konversi Suhu Terbaru 2022 dan Pembahasannya, Dilengkapi dengan Tabel Konversi Suhu