×

Kumpulan Contoh Teks Debat Berbagai Tema, Gampang Dipahami Namun Tetap Berisi!

by

Contoh 3: Internet

Moderator


Terima kasih atas kehadiran teman-teman semua pada siang hari ini, dan pada kesempatan siang ini, kita akan membahas tentang baik dan buruknya penggunaan internet terutama di lingkungan sekolah.

Di sini ada dua grup yang sudah bergabung, Grup Elang adalah tim yang mendukung penggunaan internet di sekolah, dan ada Grup Harimau yang tidak mendukung atau menolak penggunaan internet di lingkungan sekolah.

– Grup Elang (Afirmasi)

Menurut kami, internet sangat bermanfaat dan membantu dalam kegiatan belajar mengajar, ada banyak ilmu yang bisa diambil di dalamnya sehingga ada baiknya untuk tidak membatasi penggunaan internet di lingkungan sekolah.

– Grup Harimau (Oposisi)

Penggunaan Internet di lingkungan sekolah memang banyak manfaatnya, akan tetapi, ada juga sisi buruk atau negatifnya seperti melakukan hal-hal dengan menggunakan internet untuk keperluan yang tidak penting. Hal ini tentu tidak bermanfaat dan membuang-buang waktu.

– Grup Elang (Afirmasi)

Kami sangat setuju, penggunaan internet memang ada sisi negatifnya, namun hal itu tergantung dari masing-masing individu dalam memanfaatkan keberadaan internet. Apakah akan digunakan untuk mencari hal-hal positif maupun negatif.

– Grup Harimau (Oposisi)

Yaps! Tentu saja, tetapi hal tersebut rasanya susah untuk dikendalikan, mengingat pada saat ini siswa-siswi di sekolah lebih cenderung menggunakan fasilitas internet untuk berselancar di media sosial dibanding mencari ilmu untuk kegiatan pembelajaran.

– Kesimpulan

Semua hal pasti ada sisi positif dan negatifnya, jadi, bijaksanalah dalam melakukan segala hal terutama penggunaan internet. Jadi kita semua bisa mengambil manfaat dari Internet.