Tips Memilih Ukuran Ban Motor Yang Sesuai Dengan Velg

by

OTONITY.com – Ukuran Ban Motor, Dari sekian banyak komponen pada sepeda motor, ban merupakan yang paling penting karena memiliki kinerja paling vital dan bisa berpengaruh terhadap keselamatan maupun kenyamanan selama berkendara. Ban menjadi komponen pertama yang langsung bersentuhan dengan medan aspal serta menahan seluruh bobot pengendara sehingga perlu dilakukan perawatan secara khusus. Seperti beberapa bagian lainnya bahwa ban juga memiliki usia pemakaian dan tidak bisa dipaksakan apabila mengalami kerusakan.

Banyak sekali penyebab yang mengakibatkan ban menjadi cepat aus misalnya saja terlalu sering digunakan pada jalan yang tidak rata, selain itu tekanan angin pada ban yang kurang juga membuatnya menjadi cepat tipis. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah salah dalam membeli ban karena biasanya lebih memilih ban dengan harga murah namun biasanya memiliki kualitas yang rendah, ban seperti itu selain bisa menyebabkan permukaan cepat tipis juga bisa suatu saat meledak ketika digunakan.

5 Tahapan Penting Memilih Ukuran Ban

Untuk itulah dalam memilih ban luar disarankan jangan memilih sembarangan mengingat fungsinya yang sangat penting. Bayu Surya Pamugar Sugeng selaku Contry of Sales & Marketing 2 Wheels Division PT Michelin Indonesia memberikan beberapa tips sederhana bagi pemilik kendaraan bermotor agar dapat menentukan ban mana yang tepat untuk tunggangannya. Menurut Bayu setidaknya ada lima tahapan penting dalam memilih ban yang baik.

Tips Berkendara Motor Di Jalan Berlubang

×