Home Uncategorized Cara Menghidupkan Motor Injeksi / Karburator Saat Kehabisan Bensin

Cara Menghidupkan Motor Injeksi / Karburator Saat Kehabisan Bensin

756
0

OTONITY.com – Motor Injeksi Habis Bensin, Apa jadinya kalau motor mogok karena kehabisan bahan bakar atau bensin? pasti sangat menyebalkan dan memalukan sekali bukan. Anda juga harus berhati-hati apabila motor sampai kehabisan bensin terutama untuk yang sudah berteknologi injeksi karena bisa saja merusak mesin.

Ada perbedaan ketika ingin menyalakan mesin setelah kehabisan bensin antara motor berjenis injeksi dengan karburator. Perbedaan yang paling jelas tentu terletak dibagian suplai bahan bakarnya, untuk motor injeksi memiliki sistem yang diatur dengan komputer atau ECU sehingga untuk prosesnya memakai pompa elektris.

Sementara itu untuk motor berjenis karburator lebih simpel karena aliran bahan bakar cukup mengalir dari ruang tangki menuju ke tempat pembakaran. Untuk itu teknik menyalakan mesin ketika kehabisan bensin juga jelas berbeda baik itu untuk motor karburator maupun motor injeksi.

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Atau Motor Karburator

Khusus motor injeksi seperti Honda yang menggunakan teknologi PGM FI cara yang paling mudah ketika ingin menyalakan motor setelah kehabisan bensin yaitu cukup isi bahan bakar ke dalam tangki bahan bakar kemudian putar kontak on off sebanyak 3 kali dengan tujuan supaya memompa bensin ke dalam mesin.

Sedangkan untuk motor karburator caranya setelah tangki di isi dengan bensin gunakan kick starter beberapa kali dalam keadaan kunci kontak off. Tujuannya adalah supaya bensin yang ada di dalam tangki masuk ke dalam ruang bahan bakar.

Ulangi sampai beberapa kali dan jika anda melakukan dengan benar maka motor pun bisa menyala kembali mulai dari brebet-brebet kemudian menjadi normal.

Nah itulah tadi informasi tenting tentang cara menyalakan motor baik itu mesin injeksi maupun karburator. Namun yang paling penting jangan sampai motor anda kehabisan bahan bakar dan apabila sudah memasuki garis mewah lebih baik segera isi karena jika sampai terlambat maka akibatnya sangat vatal sekali.

Baca juga : Perbedaan Mesin Fuel Injection Dan Karburator

Terutama untuk motor-motor jenis injeksi sangat sensitif sekali terhadap kerusakan akibat kehabisan bahan bakar, selain mengakibatkan mogok juga bisa merusak berbagai komponen yang ada didalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here