Home Ragam Perbedaan Premium, Pertalite Dan Pertamax Yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan Premium, Pertalite Dan Pertamax Yang Harus Kamu Tahu

3645
0

OTONITY.com – Perbedaan Premium dan Pertalite, Saat ini Pertamina menyediakan 3 jenis bahan bakar bensin di pasaran yaitu premium dengan Ron 88, Pertalite Ron 90 dan Pertamax Ron 92. Tentu ketiganya punya perbedaan masing-masing yang seharusnya wajib anda ketahui sebagai konsumen.

Mungkin nama premium Ron 88 dan Pertamax sudah tidak asing lagi di telinga anda karena dua jenis BBM tersebut sudah sangat lama dijual dipasaran, namun untuk Pertalite baru diluncurkan pada tahun 2016 kemarin dan ternyata mendapat respon positif dari masyarakat.

Lalu apa sebenarnya perbedaan Premium, Pertalite dan Pertamax tersebut? seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa perbedaan ada di letak kadar oktannya, yaitu untuk premium memiliki nilai 88, Pertalite 90 dan Pertamax 92. Semakin tinggi angka oktannya maka semakin bagus pula kualitas yang dihasilkan.

Perbedaan lain ada dari segi warna dimana jenis premium punya warna kuning cerah, kemudian Pertalite hijau terang, Pertamax Biru tua dan Pertamax Plus berwarna merah.

Dari ketiga jenis BBM tersebut Pertalite dan Pertamax yang paling banyak direkomendasikan karena punya keuntungan tersendiri yaitu membuat mesin menjadi lebih halus.

Untuk kendaraan dengan kompresi di bawah 9,0:1 bahan bakar premium masih boleh digunakan, namun untuk mesin di atas 9,0 sangat disarankan memakai Pertalite atau Pertamax.

Baca Juga : Tips Menghindari Kecurangan Saat Isi BBM di SPBBU

Satu lagi perbedaan yang paling terlihat jelas yaitu ada di sektor harga dimana untuk premium jauh lebih murah, namun dengan adanya Pertalite setidaknya kebutuhan beban subsidi oleh pemerintah menjadi lebih ringan sehingga tidak lagi harus menambah beban hutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here