Home Motor Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Dua Hal Ini!

Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Dua Hal Ini!

549
0

OTONITY.com – Tips Mudik Pakai Motor, Tradisi mudik sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak berpuluh-puluh tahun, kegiatan pulang ke kampung halaman saat lebaran untuk bertemu dengan keluarga memang merupakan momen yang sangat di nanti-nanti.

Sayangnya kebiasaan mudik memakai motor masih tetap saja dilakukan padahal sangatlah berbahaya dan sangat melelahkan, tapi ada juga sebagian yang terpaksa mudik menggunakan motor karena terpaksa akibat kehabisan tiket kereta ataupun transportasi umum lainnya.

Lalu bagaimana jika tetap terpaksa mudik dengan kendaraan bemotor? ada beberpa tips mudik dengan motor yang bisa dilakukan.

Ada dua hal penting yang wajib dipatuhi oleh para pemudik, menurut Jusri Pulubuhu selaku Instruktur dan Founder Jakarta Defensive driving sebaiknya motor hanya digunakan untuk dua penumpang saja dan tidak membawa barang yang banyak.

Hal ini sangatlah penting sekali karena motor sejatinya memang diperuntukkan untuk dua orang saja, jika melebihi beban maka bisa berbahaya karena membuat perjalanan semakin berat dan juga motor juga harus bekerja lebih ekstra keras lagi.

Selain itu hal lain yang harus diperhatikan adalah pemudik sebaiknya tidak berkendara melebihi 8 jam apabila menempuh perjalanan jauh. Demi keselamatan dan kesehatan sangat disarankan untuk tetap beristirahat saat malam hari dan bisa kembali melakukan perjalanan setelah subuh.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Mudik Pakai Motor Matik

Setelah itu setiap maksimal 2 jam lebih baik beristirahat selama kurang lebih 20 menit untuk melakukan peregangan atau memulihkan tenaga yang lelah. Jika tubuh terasa semakin capek bisa tidur di siang hari atau beristirahat sekitar 1 jam agar kembali fresh dan bisa meneruskan perjalanan jauh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here