Home Mobil Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi

720
0

OTONITY.com – Tips Mudik Dengan Mobil, Mudik lebaran memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan bagi sebagian masyarakat Indonesia karena bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

Sayangnya tidak sedikit pula pemudik khususnya pengguna mobil pribadi masih lalai dan tidak patuh peraturan sehingga menimbulkan masalah saat perjalanan sehingga yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi menyedihkan.

Memang bagi sebagian orang yang sudah mapan, mudik pakai mobil pribadi bisa menjadi kebanggaan tersendiri, namun alangkah baiknya tetap mematuhi beberapa ketentuan yang berlaku supaya selamat sampai tujuan.

Tips Aman Mudik Dengan Mobil Pribadi

  • Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat

Ini sangat penting sekali karena mobil harus di cek terlebih dahulu sebelum digunakan setidaknya 1 minggu sebelumnya. Jangan lupa periksa bagian roda, pengereman, kelistrikan, mesin, oli, sampai airbag.

  • Bawa obat-obatan P3K

Lebih baik bawa obat-obatan terutama bagi yang membawa anak, hal itu berguna untuk menjaga kondisi tubuh buah hati jika melakukan perjalanan jauh.

  • Bawa uang yang cukup

Meskipun sudah banyak ATM yang berdiri di daerah-daerah, namun sebaiknya tetap bawa uang tunai yang cukup agar saat mengisi bahan bakar atau ketika ingin membeli makan tidak kebingungan.

  • Lengkapi Mobil Dengan GPS dan Peta

Agar tetap sampai tujuan dengan aman dan nyaman alangkah baiknya lengkapi mobil dengan GPS, atau jika tidak ada bisa juga mengunduhnya di smartphone. Hal ini sangat berfungsi sekali untuk mencari alternatif apabila macet atau ada perbaikan jalan.

  • Tetap Patuh Lalu Lintas

Yang paling penting untuk menjaga keamanan selama berkendara adalah tetap patuh lalu lintas, jangan sampai karena ingin cepat-cepat sampai tujuan malah mempertaruhkan nyawa dengan tidak patuh rambu-rambu.

  • Istrahat Yang Cukup

Bagi yang melakukan perjalanan jauh lebih baik tetap istirahat yang cukup, minimal bisa membaringkan tubuh selama 3-4 jam untuk memulihkan tenaga kembali. Kelelahan adalah faktor utama penyebab tingginya kecelakaan saat mudik, jadi jangan menyepelekan kesehatan meskipun anda sudah terbiasa mengemudi jarak jauh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here