Home Motor Motor Matik Kymco AK550 Diperkenalkan di IIMS 2018

Kymco AK550 Diperkenalkan di IIMS 2018

1817
0


OTONITY.com – pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 tidak hanya menjadi tempat unjuk gigi bagi merek mobil, namun juga merek-merek roda dua. Salah satu yang meramaikan pameran tersebut adalah Kymco.

Merek motor yang satu ini bisa dibilang cukup menyita perhatian. Sebab di IIMS 2018 mereka memperkenalkan Kymco AK550. Seperti yang diketahui, motor ini digadang-gadang akan menjadi rival Yamaha TMAX DX yang baru saja hadir beberapa waktu lalu. Di samping itu kehadiran motor ini sekaligus sebagai perayaan 50 tahun Kymco di dunia.

Kymco AK550 mempunyai bekal yang cukup menarik sehingga patut menjadi pertimbangan bila sedang mencari motor matic premium yang bisa diajak touring. Motor matic ini diklaim menawarkan kenyamanan turing dengan mesin berkapasitas besar yang mempunyai power layaknya motor gede bermesin 500 cc. Selain itu daya tarik lainnya terdapat pada desain yang modern.

Melihat dapur pacunya, Kymco AK550 mengandalkan mesin dua silinder, DOHC 8-valve berpendingin cairan. Mesin ini diklaim dapat memberikan tenaga sebesar 38,9 kW pada putaran 7.500 rpm dengan torsi maksimum 54 Nm pada 8.000 rpm.

Mesin ini juga dilengkapi dengan sistem cross plane crank shaft. Artinya kedua piston bergerak secara berlawanan untuk mengurangi getaran mesin dan pumping loss.

Kymco juga menyertakan sistem pelumasan dry sump pada skuter matik bongsor ini. Fungsinya agar piston dapat bergerak mulus tanpa hambatan. Sistem ini bekerja dengan menyeimbangkan suhu sehingga dapat meningkatkan efisiensi mesin.

Kymco AK550 juga dilengkapi dengan sistem kopling basah sentrifugal. Sistem ini dapat meminimalkan gesekan sehingga penyaluran daya dari dari mesin ke roda menjadi lebih maksimal.

Masih ada tawaran menarik lain dari motor Kymco ini. Seperti hadirnya dua power mode, yakni Power dan Rain. Keduanya mempunyai karakter yang berbeda.

Contohnya pada mode Rain tenaga akan diturunkan menjadi 28,6 kW. Sehingga suara motor akan terdengar nyaring seperti moge bermesin dua silinder.

Kymco AK550 memang tampak bongsor, namun joknya dibuat rendah. Sehingga memberikan ergonomis yang baik bagi pengendara, khususnya pengendara Indonesia. Di samping itu dengan jok yang tidak terlalu tinggi maka titik tengah gravitasi menjadi lebih baik. Motor ini juga dibuat sehingga memiliki kekuatan maksimal dengan bobot yang minimal.

Bobot yang ringan itu diperoleh berkat pemakaian rangka yang terbuat dari bahan aluminium. Seperti yang diketahui bersama, aluminium terkenal ringan dan juga kuat.

Untuk bagian roda memakai ban radial yang dapat mengurangi beban unsprung. Masih ada tawaran lainnya seperti suspensi depan upside-down dan suspensi belakang dengan teknologi peredam horizontal trailing arm. Teknologi tersebut diklaim dapat memisahkan berat mesin dari transmisi, mengurangi beban unsprung dan menjaga ban belakang tetap menapak ke jalan.

Sudut posisi setang Kymco AK550 juga dibuat menjorok ke arah pengemudi. Dengan demikian rasa pegal ketika berkendara jarak jauh bisa diminimalisir. Selain itu hal ini juga akan memudahkan pengendara untuk melakukan manuver ketika diperlukan.

Berpindah ke pengereman, Kymco AK550 mengandalkan rem dual kaliper buatan Brembo di depan dan ABS buatan Bosch 9.1. Motor matic ini juga dilengkapi speedometer dan takometer yang hadir dengan layar berwarna.

Di bagian tengah terdapat layar bundar yang memberikan informasi terkait kecepatan, kompas, jam hingga cuaca. Di samping itu juga tersedia fitur noodoe yang membuat pengendara dapat terhubung dengan smartphone miliknya.

Sayangnya belum dapat diketahui berapa harga motor Kymco terbaru ini. Sebab AK550 sendiri belum dijual secara umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here