Home Mobil Ini Alasan Harga Mobil Wuling Lebih Terjangkau

Ini Alasan Harga Mobil Wuling Lebih Terjangkau

231
0

OTONITY.com – Pasar mobil di Indonesia saat ini tidak hanya diramaikan merek mobil dari Jepang, Korea, Amerika atau Eropa saja. Pabrikan mobil asal China juga turut hadir di Tanah Air. Salah satunya adalah Wuling yang meski menjadi pemain baru sudah mempunyai beberapa mobil andalan.

Yang menarik perhatian adalah banderol harganya. Mobil Wuling dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibanding kompetitor asal Jepang. Tawaran harga yang murah membuat sebagian konsumen mempertanyakan kualitasnya.

Kabar baiknya, meski harga mobil Wuling terjangkau kualitasnya pun tidak boleh dianggap remeh. Sebab komponen-komponen yang dipakai pada mobil Wuling sendiri merupakan buatan merek ternama. Mulai dari Bosch, Continental Mann+Hummel, Aisin, Nexteer, Goodyear hingga Autoliv dari Swedia.

After Sales Director Wuling Motors, Taufik S Arief mengatakan harga mobil Wuling yang murah di Indonesia lantaran skala ekonomi (economies of scale) Wuling di negeri asalnya sudah sangat besar. Sparepart yang dipesan Wuling Indonesia juga banyak diambil dari pusatnya di China. Oleh karenanya Wuling bisa menjual produknya dengan harga yang memikat hati.

Seperi misalnya, kami katakan kalau tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) Wuling 56 persen dan sisanya dari China. Itu secara struktur, membuat kami mendapatkan komponen dari China dengan harga yang kompetitif,” ungkapnya.

Taufik menambahkan skala produksi Wuling di China jika dilihat dari penjualan tahun kemarin menembus angka 2,1 juta unit. Artinya secara produksi di sana sudah sangat besar dibanding dengan produksi di Indonesia.

Strategi yang diterapkan Wuling Motors ini terbukti berhasil. Sedikit demi sedikit masyarakat tertarik untuk membeli mobil buatan Wuling.

Melihat data wholesales di semester I tahun 2018, Wuling telah mendistribusikan 8.120 unit kendaraan. Pencapaian ini sekaligus membuatnya berhasil menempati posisi sembilan merek terlaris di Indonesia.

Lalu untuk penjualan secara wholesales periode Agustus 2017 sampai Juni 2018 mencapai 13.170 unit. Pencapaian ini bisa dibilang sangat baik untuk merek yang baru saja masuk pasar Indonesia.

Untuk informasi tambahan, Wuling mempunyai pabrik seluas 60 hektar di Greenland International Center, Cikarang, Jawa Barat. Di sisi lain Wuling juga mempunyai 71 dealer resmi. Ke depannya Wuling berencana terus mengembangkan dealer resminya hingga 80 outlet di seluruh Indonesia dalam tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here