Home Mobil Toyota Avanza Belum Kunjung Hadir, Kenapa?

Toyota Avanza Belum Kunjung Hadir, Kenapa?

163
0

OTONITY.com – Toyota mempunyai cukup banyak mobil andalan di Indonesia. Dari sekian banyak model yang ada, Toyota Avanza menjadi primadonanya. Banyak konsumen yang memilikinya sehingga Avanza dijuluki mobil sejuta umat.

Hanya saja persaingan segmen Low MPV yang semakin memanas membuat posisi Avanza sedikit terganggu. Meski begitu pada kenyataannya Toyota Astra Motor (TAM) belum kunjung menghadirkan Avanza terbaru di Indonesia. Padahal di sisi lain model ini sudah waktunya mendapat pembaruan.

Soal itu, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM mempunyai alasannya. Ia mengungkapkan untuk saat ini Toyota masih melakukan pengembangan dan studi. Bahkan semua model mobil sudah dipikirkan hingga lima tahun ke depan.

Selain itu Soerjo menerangkan penjualan Toyota Avanza saat ini masih dalam taraf cukup puas. Pasalnya mobil keluarga ini berhasil menembus angka 6.000-7.000 unit per bulan.

Bahkan ia mengklaim Avanza adalah the real MPV. Artinya MPV ini yang dibutuhkan konsumen dari sisi penggerak roda belakang dan daya angkut yang lebih besar dibanding penggerak roda depan. Ini yang menjadi ciri khas kendaraan di Indonesia. Soerjo mengatakan konsumen di Indonesia menggunakan kendaraan untuk mengangkut orang plus angkut barang.

Ia mennyampaikan, yang menilai ketangguhan sebuah Toyota Avanza adalah konsumen. Akan tetapi menurutnya untuk menilai sebuah produk, tak hanya dilihat dari produk itu sendiri, namun juga faktor lainnya. Seperti total package, produk dan layanan. Konsumen Indonesia sendiri suka mempertimbangkan resale value dalam memilih mobil.

Terlepas dari hal tersebut, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 sendiri Toyota Avanza tidak tampil menonjol. TAM justru lebih memilih menampilkan Veloz yang menjadi varian tertinggi dari Avanza.

Sementara Avanza sendiri berada di ujung dan dihiasi dengan tenda yang disimpan di atas mobil. Soerjo mengatakan desain Toyota Avanza yang dipajang di belakang dengan tenda merupakan art of strategy Toyota.

Sebab Avanza sendiri merupakan mobil sejuta umat. Mobil ini sendiri sudah dipasarkan sejak 2004 dan sudah dekat dengan konsumen. Oleh karenanya TAM tidak diletakkan di showcar, melainkan di dekat tempat negosiasi dengan konsumen. Sementara desain tenda yang ditaruh di bagian atas sengaja dilakukan supaya Avanza bisa dipakai antara rekreasi atau tempat tinggal sementara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here