Home Mobil Peminat Honda Jazz Semakin Menurun, Sudah Waktunya Ganti Model?

Peminat Honda Jazz Semakin Menurun, Sudah Waktunya Ganti Model?

2061
0
mobil honda jazz

OTONITY.com – Line up Jazz dulu memang sempat menjadi primadona produk Honda untuk pasar Indonesia. Akan tetapi, belakangan terakhir diketahui bahwa penjualan hatchback ini semakin menurun jika dibandingkan beberapa waktu lalu.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada periode bulan Januari sampai Juli 2020, Jazz telah berhasil didistribusikan sebanyak 12.964 unit. Bandingkan dengan tahun 2019 untuk periode yang sama, Jazz tercatat sebanyak 10.912 unit atau mengalami penurunan sebanyak 2.052 unit.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy telah menyebutkan bahwa segmen hatchback memang menurun jika dibandingkan dengan tahun yang sebelumnya karena ada pergeseran selera pasar industri otomotif. Kini segmen LSUV dan LMPV yang jauh lebih banyak diminati.

“Pasar hatchback menurun hingga 15 persen bila dibandingkan tahun lalu. SUV pada tahun ini naik karena tren global lebih mengarah ke SUV atau crossover. LMPV juga menjadi naik karena terdapat produk seperti Xpander,” kata Jonfis saat ditemui beberapa waktu yang lalu.

honda jazz 2020

Meskipun demikian, Jonfis mengatakan bahwa Jazz masih memimpin pasar hatchback di tanah air. Data menunjukkan, untuk periode bulan Januari hingga Agustus 2019 Jazz sudah didistribusikan sebanyak 10.912 unit yang terdiri dari lima model yaitu Jazz A, AT, S MT, S AT, RS MT dan RS AT.

“Jazz sendiri masih memimpin pasar dan memang segmennya masih ada. Memang tidak booming besar kalau tidak terdapat perubahan dan model baru yang masuk seperti dulu Mobilio, HR-V, atau BR-V. Kalau ada model yang baru yang pasti booming lagi,” kata Jonfis.

Lalu kapan pembaruan Jazz akan dipasarkan di Indonesia? Beberapa waktu yang lalu di luar negeri, Honda diketahui telah menguji sebuah mobil city car dengan dimensi mendekati Jazz. Jazz sendiri terakhir diperbarui tahun lalu dengan perubahan pada bentuk grille dan juga bumper dengan yang dilengkapi dengan sistem audio terbaru.

“Saya tidak tahu soal (foto) tersebut Honda Jazz ataukah bukan serta kapan masuk Indonesia. Bentuknya dan spesifikasinya juga belum detail. Kalau misalnya ada (pembaruan) pasti akan kita umumkan” tutup Jonfis.