Home Mobil Cara Ampuh Mengatasi Suara Berisik Di Kabin Mobil

Cara Ampuh Mengatasi Suara Berisik Di Kabin Mobil

6073
0
pasang peredam suara

OTONITY.com – Mendapati kabin mobil yang senyap pastinya akan sangat menyenangkan. Namun tak jarang, kabin mobil juga dapat menimbulkan suara berisik.

Hal ini tentu akan sangat menganggu. Sehingga penting sekali untuk mengetahui apa penyebabnya dan anda juga harus tahu bagaimana cara mengatasinya.

Ternyata cara mengatasinya terbilang sangat mudah, seperti yang telah dikutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia, berikut adalah beberapa cara ampuh untuk mengatasinya.

Ganti Oli Gardan

Apabila bunyi berisik di mobil anda bersumber dari gardan mobil, anda bisa mengatasinya dengan cara mengganti oli dengan yang lebih kental. Cara ini terbilang mudah. Anda pun tidak perlu mengganti gardan.

oli gardan mobil

Namun, jika ternyata ada bagian yang rusak pada gardan maka sudah tentu harus diganti. Jika belum begitu parah, anda bisa menyetel ulang agar gardan tersebut tidak semakin rusak.

Mengganti Komponen yang Rusak

Penyebab yang lainnya yaitu adanya masalah pada  komponen mobil, terutama kaki-kaki mobil. Biasanya, bunyi berisik tersebut akan muncul ketika mobil anda melaju pada kecepatan tinggi, seperti 50 km/jam atau bahkan bisa lebih.

kaki kaki mobil

Penyebab bunyi berisik dari kaki-kaki mobil, salah satunya adalah bushing arm yang sudah mulai aus atau bahkan pecah. Selain bushing arm, bija juga bagian yang lainnya seperti tie road, ball joint, shockbreaker. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti yang rusak dengan yang baru.

Lumasi dengan Grease

Bunyi berisik di dalam kabil mobil bisa disebabkan oleh gesekan antar logam yang terdapat di dalam kabin. Jika hal itu terjadi, anda harus segera periksa bagian luar atau bagian dalam untuk dapat mengetahui asal sumber bunyi berisik tersebut.

grease mobil

Hal ini betujuan untuk menghindari akibat gesekan yang lebih parah. Cara mengatasinya adalah melumasinya dengan menggunakan grease.

Pasang Peredam Suara

Peredam suara terbuat dari berbagai macam material seperti karet yang telah dilapisi dengan alumunium foil. Ada juga peredam suara mobil yang berbahan glasswool dan bahkan terbuat dari aspal.

pasang peredam suara

Anda pun bisa memasang peredam suara di bagian-bagian penting, seperti misalnya di dasar mobil. Fungsinya adalah utuk mengurangi suara decitan ban atau suara percikan air ketika hujan turun.