Home Featured Post Toyota Avanza Masih Jadi Primadona Di Pasar Mobil Bekas

Toyota Avanza Masih Jadi Primadona Di Pasar Mobil Bekas

1841
0




OTONITY.com – Pasar mobil bekas di Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh hingga 2021. Sampai saat ini, Toyota Avaza masih mendominasi pasar mobil bekas di Indonesia, diikuti oleh Honda Jazz.

Dengan adanya platform jual beli mobil online dan partisipasi perusahaan dalam memfasilitasi pembelian mobil bekas telah menjadi faktor-faktor pemicu pertumbuhan mobil bekas. Disamping itu, industri mobil bekas dapat tumbuh karena peraturan pelat mobil ganjil genap di kota Jakarta. Dengan kebijakan tersebut, masyarakat Indonesia menjadi terdorong untuk mempunyai dua mobil dengan pelat nomor tertentu untuk dapat memudahkan mobilitasnya sehari-hari.

OLX yang merupakan salah satu marketplace barang bekas di Indonesia, turut merasakan imbas dari geliat industri mobil seken. Ada 5,5 juta lebih pembeli yang mencari mobil bekas di OLX setiap tahunnya. Permintaan tidak hanya datang dari wilayah Jabodetabek saja, namun juga kota-kota besar lainnya seperti Surabaya, Medan, Bandung, dan Makasar.

General Manager OLX Indonesia yakni Olaf Van Schagen menyebutkan bahwa dari sisi suplai, OLX telah menawarkan jenis, merek, dan harga mobil bekas yang sangat beragam.

“Kecepatan dalam menjual dan jangkauan yang sangat luas menjadi alasan bagi pengguna untuk menjual mobilnya di OLX,” ucap Olaf dalam siaran pers.

Ia menambahkan bahwa mobil bekas telah mengakar kuat di bisnis OLX, sejak awal platform ini mulai beroperasi di tanah air. Hampir setiap tahun, ada sekitar 6 juta iklan mobil di OLX yang dipasang oleh penjual individu ataupun pebisnis atau dealer. Sampai tahun 2018 kemarin, ada sebanyak 9.000 lebih dealer mobil bekas yang telah memanfaatkan OLX untuk memasarkan mobil daganganya.

Berdasarkan dari keterangan para dealer dan Olaf, mobil dengan tujuh penumpang kini masih menjadi favorit banyak pembeli. Salah satu merek dan tipe mobil yang paling banyak diiklankan melalui OLX adalah Toyota Avanza. Dari sisi pembeli, Avanza juga menjadi mobil yang paling banyak diburu oleh para pembeli.

Olaf menyebutkan bahwa Toyota Avanza masih mendominasi pasar mobil bekas terutama di wilayah Bali, Jakarta, dan Surabaya. Harga yang sangat terjangkau dan efisiensi bahan bakar telah menjadi daya tarik tersendiri bagi Avanza jika dibandingkan dengan mobil setipe lainnya.

Selain Avanza, merk mobil lainnya yang paling banyak diiklankan di OLX adalah Honda Jazz. Selain menjadi mobil yang paling banyak diburu oleh pengguna OLX, dari sisi suplai, mobil yang satu ini menempati urutan kedua. Honda Jazz banyak dipasarkan dengan harga sekitar Rp 105 sampai 180 juta di OLX, dan paling banyak dijual di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Denpasar.

Olaf menegaskan, Honda Jazz ini banyak diburu oleh kaum wanita khususnya ibu muda dan mahasiswi. Bodi kompak, pilihan warna yang sangat beragam dan efisiensi bahan bakar menjadi daya tarik tersendiri dari Jazz. Selain itu, harga jual mobil ini dinilai cukup stabil oleh para dealer, walaupun sudah digunakan  2-3 tahun.

Dari segi segmen mobil, MPV menempati posisi pertama, kemudian hatchback, SUV, sedan dan pickup/truck. Mobil bekas Toyota Avanza juga masih menempati urutan pertama sebagai mobil MPV yang paling banyak diburu. Harga jual Toyota Avanza di OLX adalah sekitar Rp 110-150 juta.