Home Motor Motor Matik Detail Lambretta V125 Special 2019 Indonesia

Detail Lambretta V125 Special 2019 Indonesia

244
0




OTONITY.com – Lambretta hadir di Indonesia untuk menantang eksistensi Vespa yang sejauh ini melenggang tanpa lawan berarti. Dua motor vespa baru dihadirkan, yakni V125 Special dan V200 Special. Keduanya mengusung desain klasik yang khas dan merupakan warisan dari model pendahulunya.

Kemiripan model baru ini dengan pendahulunya terlihat di beberapa bagian. Seperti desain frame tubular dan posisi engine yang selaras dengan sasis. Selain itu Lambretta meletakkan mesin di bagian tengah untuk menjaga kestabilan skuter.

Skuter Lambretta ini juga mempunyai sentuhan desain yang berkarakter. Tampilannya sedikit mengotak, dengan dukungan lampu LED Hexagonal yang membuatnya tampak modern. Tidak hanya itu, Lambretta V125 dan V200 Special juga dilengkapi dengan velg berdesain ikonik khas skuter asal Italia itu.

Sebenarnya baik V125 dan V200 Special mempunyai desain yang tampak mirip. Salah satu perbedaan signifikan terdapat pada bagian mesin. Jika berminat untuk membeli motor Lambretta ini, V125 Special bisa menjadi pilihan yang menarik. Salah satu alasannya karena harga jual yang terjangkau.

Harga Lambretta V125 Special di Indonesia mencapai Rp 44,5 juta on the road Jakarta. Lebih murah Rp 8 juta dari varian tertingginya. Penasaran seperti apa spesifikasi skuter baru ini? Berikut detail selengkapnya yang bisa dijadikan informasi tambahan.

Fitur

Skuter Italia ini dibekali dengan panel instrumen kombinasi digital dan analog. Bagian speedometer ditunjukkan dengan jarum mekanik. Sementara informasi rpm, fuel gauge, jam, odometer, trip meter dan voltase listrik tersedia dalam format digital. Tidak hanya itu, V125 Special juga dilengkapi dengan glove box dan power outlet 12V untuk mengisi daya smartphone.

Baca juga: Kelebihan Motor Vespa Lambretta V200

Lampu LED

Lambretta V125 dipermanis dengan headlamp LED hexagonal yang jika diperhatikan mirip dengan milik Vespa Sprint. Termasuk konfigurasi di dalamnya yang memisahkan antara Highbeam dan lampu utama. Akan tetapi bagian tengahnya terdapat separator persegi panjang lengkap dengan tulisan Lambretta.

Tidak hanya itu, di bagian bodi depan terdapat semacam DRL yang berfungsi sebagai lampu senja. Sementara bagian stoplamp juga memakai lampu LED dengan desain mika. Tulisan Lambretta juga terdapat di bagian tengahnya.

Mesin

Melihat dapur pacunya, Lambretta membenamkan mesin satu silinder 4-stokr berpendingin udara pada V125 Special. Mesin ini memiliki kapasitas 124,7 cc dengan rasio kompresi 10,7:1. Berbekal mesin tersebut skuter ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 10,1 PS pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak 9,2 Nm pada 7.000 rpm.

Output dayanya terbilang cukup mumpuni. Bahkan mirip dengan kompetitornya, Vespa 125. Akan tetapi jelas kalah bertenaga dari versi 200 cc.

Dual Disc Brake

Salah satu keunggulan dari Lambretta V125 adalah hadirnya fitur disc brake untuk roda depan maupun belakang. Di bagian depan berukuran 226 mm, sementara bagian belakang 220 mm. Hanya saja motor ini belum dilengkapi dengan fitur ABS.

Sebagai gantinya, Lambretta menyematkan fitur Combi Brake System (CBS).

Fitur ini berfungsi menyeimbangkan antara rem belakang dan rem depan. Ketika rem belakang ditarik, rem depan secara otomatis juga ikut bekerja. Mirip dengan teknologi CBS yang disematkan pada skuter matik buatan Honda.

Suspensi

Lambretta V125 Special dibekali dengan suspensi depan model teleskopik standar. Sedangkan di belakang hanya ditopang oleh satu shock breaker saja. Mungkin karena itulah bobot motor ini lebih ringan dari V200.

Pelek

Melirik sektor roda, Lambretta V125 Special mengusung ban depan berukuran 110/70 R12 dan bagian belakang 120/70. Sisi pelek menjadi daya tarik tersendiri. Sebab mirip dengan Lambretta keluaran lama, plus adanya sentuhan modern. Untuk menambah kesan sporty, juga terdapat sentuhan warna hitam di bagian ini.

Warna

Lambretta memasarkan motor barunya ini dalam tiga pilihan warna. Antara lain Gray Super Gloss, Orange Super Gloss, dan Blue Mint Supergloss. Ketiga warna tersebut cukup menarik dibanding saudaranya. Sebab untuk bagian jok semua dilebur dengan warna hitam dan memakai bahan kulit sintetis.

Dari spesifikasi di atas, daya tarik utama dari Lambretta V125 Special adalah hadirnya fitur disckbrake untuk roda depan dan belakang. Sebab motor Vespa belum dilengkapi dengan fitur tersebut. Desain yang unik dan segar juga menjadi poin plus bagi motor ini.

Untuk dicatat, motor ini memang sudah resmi dirilis di Indonesia. Akan tetapi Lambretta V125 baru tersedia untuk konsumen mulai Agustus 2019 mendatang. Calon konsumen juga perlu melakukan pre-order jika tertarik untuk memilikinya.