Home Motor Motor Gede Triumph Speed Twin Resmi Hadir, Simak Detailnya

Triumph Speed Twin Resmi Hadir, Simak Detailnya

284
0

OTONITY.com – Pasar roda dua di Indonesia semakin ramah dengan kehadiran banyak merek. Pabrikan-pabrikan ini cukup rutin menghadirkan motor baru untuk memikat konsumen. Seperti Triumph Motorcycles yang baru saja menghadirkan Speed Twin di IIMS 2019. Motor ini mengusung gaya roadster dengan desain yang merupakan kombinasi modern dan klasik.

“Motor ini pertama kali dikenalkan di pameran EICMA 2018 (Italia). Basic mesinnya dari Thruxton R. Dibuat untuk konsumen yang tidak terlalu suka posisi riding merunduk. Mesinnya lebih ringan dari Thruxton sekitar 10 kg. Karena dari cover engine dan beberapa part terbuat dari magnesium,” kata Sapta Hariaji, GM Sales and Marketing PT Garda Andalan Selaras (GAS).

Melihat spesifikasinya, motor Triumph terbaru ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.200 cc Parallel Twin. Mesin ini memiliki ukuran diameter x langkah 97,6 x 80 mm. Sedangkan rasio kompresinya mencapai 11,0:1. Berbekal mesin ini, Speed Twin dapat mengeluarkan tenaga sebesar 97 PS pada 6.750 rpm dengan torsi puncak 112 Nm pada 4.950 rpm. Tenaganya lebih besar dari Thruxton R.

Meskipun dibekali dengan mesin berkapasitas besar, Triumph Speed Twin diklaim bisa dipakai untuk harian. Posisi berkendaranya nyaman, dengan panas mesin yang wajar.

“Segmentasi motor ini untuk konsumen usia 30-50 tahun, bisa digunakan harian. Karena banyak teman-teman pengguna Triumph ini mereka pakai untuk ke kantor dan lain-lain. Bukan buat ‘sunmori’ saja. Apalagi posisi riding Speed Twin tidak bungkuk, jadi masih nyaman,” ungkap Sapta.

Baca juga: Daftar Harga Moge Ducati Terbaru

Ada tawaran fitur menarik dari motor ini, yakni tiga mode berkendara yang berbeda. Yakni Sport, Road dan Rain. Juga terdapat fitur ride-by-wire, torque assist clutch, traction control, USB charging socket, immobiliser, lampu LED dan DRL, serta Tire Pressure Monitoring System (TPMS) sebagai aksesori.

Karena memiliki mesin yang bertenaga, maka sistem pengeremannya juga tidak sembarangan. Triumph membenamkan twin disc berdiameter 305 mm dengan kaliper Brembo 4-piston di depan. Sedangkan bagian belakang memakai single disc 220 mm kaliper Nissin 2-piston di belakang. Juga terdapat ABS dua channel yang sudah menjadi standar.

Jika tertarik, harga Triumph Speed Twin ini mencapai Rp 445 juta off the road. Memang seluruh motor Triumph diproduksi di Thailand. Akan tetapi untuk versi mesin 1.200 cc ke atas masih diproduksi di Inggris. Itulah mengapa harganya cukup tinggi.

Tidak hanya itu, calon konsumen juga perlu bersabar lantaran unitnya tidak banyak. Bahkan unit yang masuk sudah laku terjual semuanya.

“Di Indonesia sendiri baru ada satu unit, dan sudah di DP. Tapi bukan berarti limited edition, kami dapat jatah sekitar 20 unit tahun ini. Kalau mau harus inden, dan mungkin sekitar dua bulan lagi baru datang. Karena ini benar-benar unit baru, produksi 2019. Jadi harus menunggu kabar dari Principle di Inggris. Khusus pembelian di IIMS 2019, kami adakan promo cashback Rp 10 juta atau voucher dengan nilai yang sama untuk ditukarkan aksesori apapun.” jelas Sapta.