Home Mobil Detail Toyota C-HR Hybrid yang Meluncur di Indonesia

Detail Toyota C-HR Hybrid yang Meluncur di Indonesia

128
0


OTONITY.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak pernah berhenti dalam menghadirkan mobil baru di Indonesia. Tidak hanya menghadirkan mobil dengan mesin konvensional, agen pemegang merek Toyota di Tanah Air itu juga mencoba untuk memasarkan kendaraan bermesin hibrida. Baru-baru ini Toyota menghadirkan C-HR Hybrid yang menjadi pelengkap varian C-HR.

Mobil Toyota dengan mesin kombinasi ini dilepas dengan harga Rp 523 juta on the road Jakarta. Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT TAM berharap C-HR Hybrid tidak hanya melengkapi line up Toyota saja, namun juga bisa memberikan dampak positif terhadap pengembangan pasar dan industri kendaraan listrik di sektor otomotif nasional, seperti yang direncanakan pemerintah.

Melihat harganya, Toyota C-HR Hybrid lebih mahal Rp 30 juta dari versi mesin bensin. Harga ini untuk tipe dengan satu warna. Sementara untuk warna ganda dibanderol lebih tinggi Rp 1,5 juta. Ini bisa jadi tanda bahwa Toyota Indonesia ingin membuat calon konsumen beralih ke C-HR bermesin hibrida.

Mobil SUV Toyota ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1,8 liter Atkinson cycle yang bekerja sistemik dengan permanen magnet motor generator. Mesin berkode 2ZR-FXE ini memiliki daya sebesar 100 PS, lebih rendah dari mesin konvensional yang menurut catatan spesifikasinya bisa mengeluarkan tenaga hingga 140 PS.

Akan tetapi dengan bantuan motor listrik tenaganya bisa naik menjadi 136 PS. Sementara untuk sistem perpindahan gigi mengandalkan CVT.

Baca juga: Toyota Avanza Masih Merajai Pasar Mobil Bekas

Efisiensi merupakan poin terpenting dari Toyota C-HR Hybrid. Sebab parameter konsumsi bahan bakar jadi faktor utama mereka dengan imbuhan motor listrik tersebut. Anton Jimny, Direktur Marketing TAM mengatakan level efisiensi Toyota C-HR Hybrid lebih baik 62% dan emisi lebih rendah 60%.

Untuk diketahui, sumber daya listrik bagi motor tersebut adalah baterai nikel. Hal ini menarik, sebab umumnya motor listrik memakai baterai lithium. Toyota C-HR Hybrid memakai baterai Nickel-metal hydride (NiMH) yang tersusun atas 28 modul 168 sel.

“Toyota C-HR Hybrid menggenapkan total kendaraan hybrid yang kami tawarkan di bawah merek Toyota dan Lexus mencapai 10 model. Penjualan seluruh model ini sudah mencapai 1.800 unit, angka yang masih terbilang rendah namun kami akan terus meningkatkannya seiring penambahan model,” jelas Anton.

Toyota C-HR Hybrid disediakan dalam 6 pilihan warna menarik. Antara lain metal stream, white pearl, black attitude, blue metallic black roof, red mica black roof dan radiant green black roof. Opsi warna ini sekaligus menyegarkan opsi yang tersedia untuk versi konvensional.

Selain itu desain velg juga mendapat pembaruan menjadi lebih dinamis dan menarik. Palang bercabang dilabur dengan dua warna dan disusun pada material velg alloy. Untuk lampu utama dan rear combi lamp juga tersaji cantik pada mobil ini. Toyota C-HR Hybrid ditargetkan bisa terjual sebesar 40 unit per bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here