Home Mobil Suzuki Ertiga Diesel Terbaru Rilis, Apa Bedanya?

Suzuki Ertiga Diesel Terbaru Rilis, Apa Bedanya?

302
0

OTONITY.com – Kabar baru datang dari India. Suzuki baru saja meluncurkan Ertiga dengan mesin diesel baru berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini sama seperti yang dipakai pada Suzuki Ciaz facelift. Mesin ini juga menggantikan mesin diesel sebelumnya yang memiliki kapasitas 1,3 liter.

Ada beberapa perubahan pada mesin diesel Suzuki Ertiga terbaru ini. Tawaran mesin ini diklaim baik dari mesin Multijet, terlebih untuk urusan performa dan efisiensi.

Perlu diketahui, mesin diesel 1,5 liter ini merupakan hasil pengembangan Maruti Suzuki sendiri. Pabrikan mobil asal Jepang itu tidak lagi memakai mesin milik Fiat Multijet D13A yang dikabarkan sudah berhenti masa edarnya. Kini mesin itu memakai kode terbaru E15A.

Strukturnya sama seperti mesin diesel 2-silinder yang dibenamkan pada Celerio. Panjang bore tetap 77 mm, dengan pengurangan stroke menjadi 80,5 mm. Akan tetapi kapasitasnya bertambah menjadi 1.489 cc. Sehingga dapur pacu ini masuk dalam pajak kategori di bawah 1.500 cc.

Blok silindernya terbuat dari aluminium, sehingga lebih ringan dari mesin 1,3 Multijet yang memakai kepala silinder dari besi. Maruti Menerangkan mesin baru itu memiliki banyak keunggulan. seperti blok mesin yang lebih solid, ruang pembakaran didesain ulang, revisi pada bagian katup, intake dan exhaust manifold dan juga dual mass flywheel.

Baca juga: Test Drive All New Suzuki Ertiga

Tidak hanya itu, mesin Suzuki Ertiga Diesel ini diklaim memiliki rasio kompresi yang lebih rendah. Umumnya untuk mesin diesel berkisar 17-18:1, tapi di E15A cukup 15,9:1. Hal tersebut berdampak pada pembakaran yang lebih efektif dan halus, sekaligus mengurangi tingkat kebisingan.

Efek lain yang juga menjadi keunggulan adalah suhu pembakaran lebih rendah, sehingga tercipta emisi gas buang yang lebih bersih. Standar emisi gas buang BS-IV sudah terpenuhi, tapi bisa diupgrade ke taraf selanjutnya, BS-VI.

Ada hal lain yang tak kalah penting dari mesin diesel Suzuki Ertiga. mesin ini tidak lagi memakai sistem mild hybrid SHVS, seperti Ertiga diesel yang beredar di Indonesia. Dapur pacu ini memakai dual-mass flywheel (DMF) dan mengoptimalkan rasio kompresi untuk mengurangi friksi dalam mesin.

“Mempertimbangkan permintaan pelanggan yang terus berkembang, Generasi selanjutnya dari Ertiga akan ditawarkan dengan mesin diesel 1,5 liter baru. Kami yakin opsi mesin baru ini akan memperkuat popularitas Ertiga di segmen MPV perkotaan,” jelas RS Kalsi, Direktur Eksekutif Senior Suzuki India.

Selain itu juga memanfaatkan turbocharger sebagai pendongkrak torsi di putaran rendah. Secara teori, laju mobil lebih minim usaha berat yang memberikan efek positif terhadap efisiensi bahan bakar. Berikutnya, untuk menciptakan getaran yang lebih halus lagi, Suzuki menggunakan engine mounting tipe pendulum.

Melirik spesifikasinya, mesin E15A ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 95,15 PS pada 4.000 rpm dengan torsi puncak 225 Nm pada rentang putaran 1.500 rpm sampai 2.500 rpm. Mesin in lebih bertenaga dibandingkan mesin D13A yang hanya memiliki output daya 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 Nm.

Untuk pilihan transmisinya juga berubah. Versi manual kini memakai 6-percepatan, tidak lagi 5-percepatan. Sayangnya belum tersedia versi transmisi matik pada mobil Suzuki ini. Di India, harga Suzuki Ertiga Diesel terbaru ini mulai dari Rp 203 jutaan.

Suzuki Ertiga Diesel pernah dijual di Indonesia oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Hanya saja sejak akhir tahun 2018 kemarin agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air itu memutuskan untuk tidak memasarkannya lagi.