Home Mobil Nilai Jual Mobil Esemka Garuda dan Bima Beredar

Nilai Jual Mobil Esemka Garuda dan Bima Beredar

235
0

OTONITY.com – Mobil Esemka tampaknya sukses membuat publik penasaran. Meski belum resmi hadir, topik soal mobil ini masih menjadi perbincangan yang hangat. Belum lama ini dua model Esemka muncul dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019.

Dua mobil Esemka yang tercantum dalam daftar tersebut adalah Garuda dan Bima. Kedua mobil ini mengisi segmen yang berbeda. Untuk Garuda 1 2.0 M/T akan menghuni segmen mobil penumpang minibus. Sedangkan Esemka Bima 1.2 M/T berada di segmen pick up.

Yang tak kalah menyita perhatian adalah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) kedua model tersebut. Esemka Garuda tahun pembuatan 2019 mempunyai NJKB sebesar Rp 209 juta. Sementara untuk model Esemka Bima lebih murah lagi, yakni hanya Rp 81 juta.

NJKB bukanlah harga mobil tersebut saat resmi dijual nanti. Melainkan harga sebelum pajak. Maka dari itu NJKB suatu mobil lebih murah dari harga resminya. Seperti Datsun Go Panca D 1.2 MT yang memiliki NJKB Rp 80 juta, sementara harga resminya Rp 105,04 juta. Selain itu NJKB Daihatsu Ayla tipe terendah mencapai Rp 74 juta, dan versi resminya Rp 98,15 juta.

Sayangnya sampai saat ini pihak Esemka masih belum terang-terangan mengenai mobil yang akan dijual di Indonesia. Padahal di Boyolali sendiri sudah berdiri pabrik atas nama PT Solo Manufaktur Kreasi yang disebut-sebut memproduksi mobil Esemka.

Di pabrik tersebut juga berjajar deretan mobil pick up. Mobil-mobil Esemka disebutkan Kementerian Perhubungan sudah lolos dalam uji tipe dan sudah siap untuk diproduksi massal. Ada beberapa mobil Esemka yang lolos uji tipe oleh Kemenhub. Antara lain Bima, Garuda, Niaga, Digdaya, dan Borneo.

Kehadiran Esemka di Indonesia adalah langkah yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa memproduksi mobil. Selain itu konsumen juga akan mendapat pilihan yang lebih beragam. Kini yang menjadi tugas mobil nasional Esemka adalah memastikan bahwa kendaraan yang mereka pasarkan nantinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Baik dari segi fitur hingga harga yang kompetitif.