Home Mobil Suzuki Swift Sport Katana Hadir, Harga Rp 465 Juta

Suzuki Swift Sport Katana Hadir, Harga Rp 465 Juta

273
0

OTONITY.com – Pabrikan mobil asal Jepang, Suzuki baru saja menghadirkan Swift Sport Katana dalam jumlah terbatas. Mobil baru ini hanya tersedia 30 unit dan dijual di Belanda saja. Sedangkan harga mobil Suzuki ini mencapai 28,999 Euro atau sekitar Rp 465 juta.

Sebagai produsen sepeda motor dan mobil, Suzuki ingin memadukan kedua dunia ini dengan versi edisi khusus. Suzuki Swift Sport Katana mengusung nama sesuai dengan salah satu sepeda motor paling ikonik. Untuk diketahui, Suzuki memiliki motor legendaris bernama Katana yang dirilis pada 1981 silam.

Lalu Katana terbaru hadir di dunia dan diperkenalkan pertama kali pada Intermot yang berlangsung di Cologne, Jerman. Motor sport semi faired ini mengusung gaya retro klasik yang terlihat berkarakter.

Kehadiran motor ini juga mendorong Suzuki untuk menghadirkan Suzuki Swift Sport Katana yang merupakan persembahan dari pabrikan dengan pilihan warna yang sama. Sebagai edisi penghormatan pada motor tersebut, motor dilabur cat Premium Silver Metallic dan Super Black Pearl.

Masing-masing dijual sebanyak 15 unit saja. Di samping warna bodinya, juga terdapat tanda identifikasi edisi spesial. Terlihat di bagian garis kap mesin, stiker, simbol Katana di pintu depan dan nomor seri pada pilar C.

Di bagian eksterior terlihat unik dan menarik lantaran adanya aksen merah di sekeliling grille. Selain itu tutup cermin dibuat hitam sehingga terlihat sporty, begitu juga dengan pelek yang juga berwarna hitam lansiran OZ berukuran 18 inci. Pelek ini dikombinasikan dengan ban Michelin Pilot Sport 4.

Tidak hanya itu, tampilannya semakin menarik dengan hadirnya trim bumper abu-abu dan side skirt yang terbuat dari serat karbon. Sementara grille depan dibalut dengan warna merah. Ubahan di dalam kabin juga tak kalah memikat supaya serasi dengan sisi eksteriornya.

Untuk sisi interior terdapat sedikit ubahan di bagian setir sport. Kini tampilannya lebih tebal, lengkap dengan lencana Katana. Sedangkan jok kulit parsial dengan huruf Katana plus nomor seri.

Sisi eksterior dan interior mendapat sentuhan yang terbilang cukup untuk memikat konsumen. Akan tetapi Suzuki tidak hanya fokus mengubah tampilan saja. Sisi suspensi juga mendapat revisi. Suzuki Swift Katana mengusung suspensi yang dapat disesuaikan naik atau turun.

Selain itu sistem knalpot juga turut ditingkatkan supaya lebih menggoda. Sedangkan performanya masih sama. Mobil ini tetap mengandalkan mesin berkapasitas 1,4 liter Boosterjet berbahan bakar bensin. Berbekal jantung pacu ini Swift Sport Katana mampu mengeluarkan tenaga hingga 140 hp dan torsi puncak 230 Nm.

Penyaluran tenaga hanya tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan saja. Dengan itu semua mobil Suzuki ini diklaim sangat lincah. Bahkan disebutkan bahwa mobil ini bisa melesat hingga kecepatan 210 km/jam.

Fitur keselamatan juga tak lupa disematkan pada mobil edisi terbatas ini. Ada sistem navigasi, kamera parkir mundur, kontrol suhu otomatis, ABS dengan EBD, airbag depan dan samping. Selain itu juga terdapat fitur brake assist dan sistem pemantau tekanan.

Kehadiran mobil baru ini bisa jadi merupakan salah satu strategi Suzuki untuk memasarkan kedua produknya. Yakni Swift Sport yang masuk dalam kelas hot hatch dan motor legendaris Katana. Diprediksi Suzuki juga akan memasarkan Swift di pasar yang lebih luas, tidak hanya di satu negara atau Eropa saja.

Meski Suzuki sendiri cukup gencar memasarkan Swift di luar negeri, sayangnya belum ada tanda hatchback ini kembali hadir di Indonesia. Jika Swift Sport Katana ini dijual di Indonesia, tertarik untuk membelinya?