Home Motor Motor Matik 7 Keunggulan Honda X-ADV 2019 Indonesia

7 Keunggulan Honda X-ADV 2019 Indonesia

1910
0

OTONITY.com – PT Astra Honda Motor (AHM) membuat kejutan dengan meluncurkan Honda X-ADV di Indonesia. Motor baru Honda ini masuk dalam kelas skuter matik premium yang sudah pasti membawa spesifikasi menjanjikan. Tampilannya pun terlihat unik dan juga modern serta diklaim memiliki kemampuan adventure.

Jika tertarik, harga Honda X-ADV di Indonesia mulai Rp 435 juta sampai dengan Rp 450 juta. Dengan tawaran tersebut, ada beberapa keunggulan yang dimiliki skutik premium Honda ini. Berikut adalah detail selengkapnya.

Spesifikasi Eropa

Honda X-ADV sebenarnya tersedia dalam dua tipe, yakni standar dan Lowdown. Akan tetapi PT AHM memilih tipe standar. Varian ini sama seperti yang dijual di Eropa. Sementara tipe Lowdown dipasarkan di Taiwan, Korea, Thailand dan Malaysia. Kedua varian ini memiliki sejumlah perbedaan.

Endro Sutarno, Technical Service Division AHM mengatakan perbedaan keduanya terdapat pada dimensi. Untuk tipe standar lebih panjang 15 mm dan lebih tinggi 30 mm dari Lowdown. Lalu untuk lebarnya sama.

Selain itu wheelbase juga dibuat lebih panjang 10 mm. Perbedaan lainnya ada pada ground clearance, dimana versi Standar mencapai 162 mm dan untuk Lowdown hanya 135 mm. Lalu untuk bobotnya mirip, yakni 238 kg. Hal tersebut lantaran travel dan panjang tabung fork pada Lowdown lebih pendek.

Dibekali Spoke Adjustable Inverted Fork

Keunggulan lain dari Honda X-ADV yang dijual di Indonesia adalah hadirnya pelek model spokewheels atau biasa dikenal sebagai pelek jari-jari. Uniknya ban motor ini sudah berjenis tubeless. Jadi lubang pemasangan spoke diposisikan pada bibir bingkai roda.

Selain itu lubang udaranya berbentuk L untuk memudahkan proses pengisian. Di sektor kaki-kaki Honda menyematkan ring 17 inci untuk bagian depan dan dikombinasikan dengan ban berukuran 120/70. Sementara bagian belakang berukuran 15 inci dengan ban 160/60.

Wind Screen Bisa Diatur

Honda X-ADV dibekali dengan windscreen yang dapat diatur dalam lima tingkatan. Fitur ini sengaja dihadirkan untuk memberikan fleksibilitas pada pengendara. Posisi terendah akan membuat visibilitas lebih baik.

Sedangkan posisi tertinggi akan memberikan perlindungan yang baik terhadap angin sehingga cocok untuk perjalanan jauh. Pengaturannya juga terbilang mudah, yakni hanya dengan tekan dan tarik windscreen lock lever, lalu putar kenop ke level yang diinginkan. Maka secara otomatis komponen tersebut akan menyesuaikan.

Punya ABS 2-Channel

Untuk menunjang keselamatan selama berkendara, Honda X-ADV sudah dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking Sytem (ABS). Fitur ini dapat mencegah ban selip saat pengendara melakukan pengereman darurat, baik di jalan kering maupun basa.

Untuk memaksimalkan fungsinya, sistem ABS yang dipakai sudah 2-channel. Artinya peranti ini tersemat di bagian depan dan belakang. Beda dengan 1-channel yang hanya ada di roda depan saja.

Honda Selectable Torque Control System (HSTC)

Honda X-ADV juga dilengkapi dengan fitur HSTC. Fitur ini merupakan fitur canggih dengan tiga pilihan, yakni level 2, 1 dan off. HSTC berguna untuk menjaga kestabilan motor ketika bermanuver dan mencegah terjadinya insiden yang tidak diinginkan.

Fitur ini memanfaatkan sensor kecepatan roda yang juga dipakai ABS. Cara kerjanya rasio selip di belakang dibaca, jika terjadi yang melebihi nilai yang ditetapkan, HTSC secara otomatis mengurangi suplai bahan bakar, yang berakibat turunnya torsi mesin.

“Jadi kecepatan kedua roda dilihat, kalau tidak sama, ini dideteksi sebagai selip. Bahan bakar langsung dikurangi untuk mengurangi perputaran itu,” ungkap Endro.

Baca juga: Alasan Honda Pertahankan Motor Matik 110cc

Gravel Switch

Gravel Switch atau G Switch sangat cocok dipakai saat melibas medan offroad. Ketika diaktifkan, fitur tersebut akan menghentikan sebagian kontrol kemampuan adaptasi kopling. Torsi dari mesin juga diteruskan secara langsung, sehingga putaran roda menjadi lebih cepat dan sanggup memberikan cengkeraman yang baik dan responsif.

Jika melewati jalan tanah, kesenangan berkendara dapat ditingkatkan lantaran pengendara bisa membuat ban belakang selip atau melakukan sliding. Di samping itu motor lebih cepat keluar dari tikungan. Teknologi ini juga dapat dipakai pada jalan aspal, namun risikonya cukup tinggi jika pengendara kurang lihai.

Dilengkapi Pendeteksi Tanjakan dan Turunan

Sebagai skutik adventure, Honda X-ADV bisa saja menjumpai tanjakan maupun turunan tajam selama perjalanan. Oleh karenanya motor ini dilengkapi dengan fitur pendeteksi tanjakan dan turunan yang bekerja saat transmisi otomatis. Dengan begitu motor Honda ini bisa melesat dengan baik dan aman.

Saat motor mendaki, sistem secara otomatis memilih gigi rendah supaya tersedia kekuatan penggerak yang cukup. Begitu juga saat turun, engine brake dioptimalkan dengan memindahkan gear transmisi.

“Dia (uphill/downhill detection) bukan memakai bank angle sensor, tapi kecepatan motor, putaran mesin dan bukaan gas. Jadi kalau pas nanjak, bukaannya besar, tapi kecepatan tidak naik, maka dia aktif. Begitu juga turunan, bukaan tidak ada sama sekali tapi kecepatan tinggi. X-ADV punya bank angle sensor, tapi itu hanya untuk keadaan seperti motor jatuh, lalu motor otomatis mematikan mesin untuk mencegah risiko lebih jauh,” papar Endro.