Home Mobil Bocoran Renault Triber, Siap Rilis Juli 2019

Bocoran Renault Triber, Siap Rilis Juli 2019

1474
0

OTONITY.com – Salah satu merek mobil asal Eropa, Renault tengah bersiap diri untuk menghadirkan mobil baru. Mobil ini menjadi modal Renault untuk bersaing di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) yang memiliki peminat cukup besar. Meski belum diketahui sosoknya, mobil ini dikabarkan akan memiliki nama Renault Triber.

Mobil Renault terbaru ini rumornya akan memiliki desain yang mirip dengan Suzuki Ertiga. Dimensi panjang Renault Triber digadang-gadang tidak akan lebih dari 4.000 mm. Overhang dan kap yang pendek bisa menjadi bukti usaha Renault untuk mengakomodasi sebanyak mungkin dalam jangka waktu terbatas.

Garis karakter yang tajam dapat dilihat di seluruh bagian bodi. Tampilan mobil ini cukup menarik hingga bagian lampu belakang yang terlihat berkarakter. Sedangkan sentuhan plastik hitam terdapat di beberapa bagian. Seperti fender roda, pintu, panel dan rel atap.

Sehingga tampilan MPV Renault ini menjadi lebih berani dan berkarakter adventure. Akan tetapi ground clearance mobil ini dibuat rendah. Sehingga mobil ini jelas merupakan MPV yang tidak diperuntukkan melibas jalur off road.

Renault Triber kabarnya mengandalkan mesin modifikasi dari platform CMF-A REnault Kwid. mesin baru ini akan memiliki tenaga yang lebih besar 7 hp dari mesin bensin 1,0 liter SCe. Untuk diketahui, mesin Renault Kwid tersebut memiliki tenaga maksimum 67,07 hp dengan torsi puncak sebesar 91 Nm.

Selain itu juga akan tersedia mesin turbocharged yang rencananya akan dirilis pada pertengahan 2020 mendatang. Untuk sistem perpindahan gigi akan tersedia dalam dua versi. Yaitu manual 5-percepatan dan AMT 5-percepatan yang akan dirilis pada pertengahan tahun.

Baca juga: Harga Renault Koleos Terbaru

Mobil ini juga akan memiliki fitur yang cukup memadai. Ada lampu depan proyektor, LED DRL, sistem infotainment layar sentuh dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Selain itu juga terdapat fitur entry keyless passive, kontrol AC otomatis, tombol start-stop engine dan kursi baris ketiga yang dapat dilepas untuk ruang bagasi tambahan.

Mobil ini rencananya akan dirilis di India pada Juli mendatang. Sedangkan bocoran harga Renault Triber berkisar INR 4,5-7 lakh atau sekitar Rp 97-142 jutaan.

Mobil ini tidak hanya akan dijual di India saja, namun juga akan dipasarkan di Indonesia. Davy J Tuilan, Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia menyebutkan pihaknya akan menghadirkan beberapa mobil baru yang diklaim bisa membuat Renault kembali bersaing di Indonesia.

Davi membocorkan bahwa jajaran mobil baru Renault yang akan dirilis di Indonesia sangat bergantung pada negara prinsipal mereka. Maka dari itu bisa jadi Renault Triber juga akan mengaspal di Indonesia sesaat sesudah resmi dirilis di India.

Davy meminta masyarakat Indonesia untuk menunggu waktunya. Menurutnya Maxindo akan menghadirkan tidak jauh dari debut perdananya yang dimulai dari India sebagai basis perakitannya.

Davy mengatakan bahwa mobil baru tersebut belum akan diproduksi di dalam negeri. Meski begitu Maxindo mempunyai rencana melakukan perakitan di Indonesia untuk menekan harga jualnya. Davy menjelaskan pihaknya ingin memproduksi mobil tersebut dengan skema CKD di Tanah Air. Bahkan pihaknya juga sudah bertemu dengan Kementerian Perindustrian. Hanya saja masih ada persiapan lain yang membutuhkan waktu.

Melihat tanggal peluncurannya, bisa jadi Renault Triber akan hadir pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang juga berlangsung pertengahan tahun ini. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Renault Indonesia.