Home Mobil Honda Freed Terbaru Hadir di GIIAS 2019?

Honda Freed Terbaru Hadir di GIIAS 2019?

753
0

OTONITY.com – Jika melirik mobil yang pernah dijual PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia, ada beberapa model yang sudah tidak dijual. Salah satunya adalah Honda Freed. Mobil keluarga dengan pintu geser ini sempat menjadi salah satu tulang punggung penjualan Honda.

Hanya saja popularitasnya perlahan meredup. Untuk sebuah MPV, kebanyakan masyarakat lebih memilih mobil seperti Toyota Avanza atau Honda Mobilio. Oleh karenanya PT HPM akhirnya memutuskan untuk menghentikan penjualan MPV boxy tersebut. Meski di sisi lain rivalnya, Toyota menghadirkan Sienta di Indonesia. Selain itu di negara asalnya mobil ini juga terus dijual dan mendapat pembaruan yang membuatnya lebih menarik.

Akan tetapi baru-baru ini ada kabar menarik seputar Honda Freed. Disebutkan bahwa agen pemegang merek mobil Honda di Tanah Air itu akan memamerkan Honda Freed terbaru. Mobil ini akan hadir dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang akan berlangsung pada Juli mendatang.

Menurut sumber dari Kumparan, pabrikan akan memanfaatkan momentum tersebut untuk memajang Freed generasi kedua sebagai barang display. Sayangnya belum dapat dipastikan apakah unit mobil tersebut akan dijual atau tidak. Akan tetapi informan mengindikasikan bahwa unit Honda Freed generasi kedua sudah berada di Indonesia.

“Rencananya sih begitu (ada Honda Freed baru) di GIIAS 2019, cuma belum tahu akan dijual atau tidak,” kata sumber.

Baca juga: Harga Honda Civic Estilo Bekas

Hanya saja kemungkinan Honda Freed belum akan dijual di Indonesia. Sebab Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM tahun lalu pernah mengatakan bahwa pihaknya belum memiliki rencana untuk kembali menjual Honda Freed. Saat ditanya kembali soal rencana HPM menghadirkan Freed di Tanah Air, jawaban Jonfis masih sama.

“belum sampai saat ini,” ujarnya, Senin (13/5).

Meski belum ada kepastian, jika benar Honda Freed terbaru yang akan hadir di GIIAS 2019 nanti, maka model ini bisa menjadi kabar baik bagi para pecinta mobil ini. Honda merupakan salah satu merek yang cukup aktif mengikuti pameran otomotif dan juga paling sering menghadirkan model terbaru, baik untuk dipajang saja ataupun juga dijual.

Contohnya seperti pada IIMS 2019, Honda menghadirkan BR-V facelift. Lalu pada GIIAS 2019 Honda menghadirkan Brio terbaru. Sedangkan di pameran IIMS 2018 konsep Honda Brio terbaru dipamerkan, bersamaan dengan meluncurnya HR-V, BR-V dan Mobilio facelift.

Tidak cukup hanya itu, di tahun 2017 HPM menghadirkan CR-V Turbo di pameran IIMS. Sementara GIIAS 2017 Honda merilis Civic Type R. Di tahun 2016 Honda Civic hatchback dipamerkan bersama dengan Accord dan Brio versi penyegaran. Mobil ini diperkenalkan di IIMS 2016. Sementara pada GIIAS di tahun yang sama Honda memajang Clarity fuel cell.

Baca juga: Harga Honda City Z Bekas

Melihat sejarah Honda Freed, mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada 29 Juni 2009. Saat itu HPM memproduksinya untuk memenuhi pasar dalam negeri maupun kebutuhan ekspor di beberapa negara di kawasan ASEAN.

Setelah diperkenalkan dan resmi dipasarkan, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi Honda Freed pada tahun pertama hingga ketiga bertahan di kisaran 1.000-an unit per bulan.

Di tahun 2012 ada sekitar 19 ribu unit Honda Freed yang terkirim dari pabrik ke diler atau sekitar 1.500 unit per bulan. Setahun setelahnya penjualannya sedikit menurun, yakni menjadi 18,595 unit.

Kehadiran Honda Mobilio di Indonesia membuat Freed seolah tidak berdaya. Alhasil penjualan mobil MPV ini turun tajam menjadi 6.517 unit pada tahun 2014. Bahkan di tahun 2015 penjualannya kembali turun menjadi 3.288 unit. Perjalanan Honda Freed akhirnya harus benar-benar usai di tahun 2016 yang hanya bisa terkirim 617 unit saja.

Honda Freed terbaru yang dijual di Jepang sebenarnya memiliki tawaran yang lebih menarik dari model pendahulunya. Model ini mendapat penyegaran di sisi desain maupun fitur. Freed di Jepang tersedia dalam dua varian, yakni Freed dengan tiga baris kursi (6 atau 7 penumpang) dan Freed+ dengan dua baris kursi.

All New Honda Freed menawarkan fleksibilitas kabin yang dapat disesuaikan hingga 16 jenis posisi. Bangku juga dapat dilipat, direbahkan hingga rata untuk tiduran atau ditutup dengan lantai sehingga pengguna memiliki ruang lebih untuk meletakkan berbagai macam barang.

Honda juga sudah membenamkan fitur Honda SENSING Advanced Driver-Assistive System pada MPV ini. Fitur tersebut merupakan sistem keamanan yang memanfaatkan dua jenis sensor.

Yang pertama adalah Milimeter-Wave Radar. Sensor ini terdapat di bagian grille depan. Lalu sensor kedua adalah Monocular Camera yang berada di bagian dalam kaca mobil.

Kedua sensor ini saling bekerjasama untuk menciptakan berbagai fitur penunjang keselamatan. Misalnya fitur tersebut bisa mendeteksi orang berjalan, jarak dengan kendaraan yang ada di depan sampai informasi mengenai lalu lintas. Honda mengklaim fitur itu siap meningkatkan kepercayaan diri pengemudi.

Di sisi dapur pacu, ada dua versi mesin yang ditawarkan. Yakni mesin bensin 1.500 cc DOHC i-VTEC dan Sport Hybrid i-DCD. Mesin hybrid yang ditawarkan pada Freed ini juga diklaim sangat irit. Konsumsi rata-ratanya diklaim mencapai 27,2 km/liter berdasarkan ui internal.

Untuk transmisi mesin hybrid memakai dual clutch. Transmisi ini menggantikan model CVT yang dipakai Freed Hybrid sebelumnya.