Home Mobil MPV Hybrid Daihatsu Hadir di GIIAS 2019, Penerus Avanza-Xenia?

MPV Hybrid Daihatsu Hadir di GIIAS 2019, Penerus Avanza-Xenia?

466
0

OTONITY.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjadi salah satu peserta pameran dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang akan berlangsung Juli mendatang. Menariknya agen pemegang merek Daihatsu itu akan memamerkan mobil MPV hybrid terbarunya. Akan tetapi mobil ini masih berstatus prototipe atau konsep, belum versi produk massal.

Daihatsu sejauh ini belum mengungkapkan secara gamblang mengenai mobil konsep terbarunya itu. Akan tetapi bisa jadi MPV hybrid ini menjadi cikal-bakal penerus Daihatsu Xenia maupun Toyota Avanza di masa depan. Di sisi lain Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa MPV tersebut tidak akan masuk segmen mobil murah.

“Kami akan launching mobil konsep hybrid MPV, dan ini sesuatu yang baru. Itu tidak mungkin LCGC, hybrid tidak mungkin di kategori mobil itu,” kata Amelia.

Tidak hanya itu, juga ada fakta menarik lainnya. Disebutkan bahwa mobil MPV hybrid ini merupakan yang pertama di dunia. Bahkan di Jepang sendiri mobil prototipe tersebut belum pernah dipamerkan.

Indonesia memang merupakan pasar terbesar dari Daihatsu. Hal inilah yang membuat Indonesia punya keistimewaan tersendiri. Seperti menjadi lokasi world premiere jajaran mobil yang dibuatnya.

“Tren dunianya kan ke arah sana. Mobil konsep ini pasti world premier, kan belum ada, Tokyo Motor Show juga belum, masih duluan kita (GIIAS),” ungkapnya.

MPV hybrid konsep yang akan dipamerkan di GIIAS 2019 ini juga menjadi bahan riset pakar Daihatsu. Mereka ingin mengetahui antusiasme dan respon pasar mengenai mobil hibrida yang diposisikan di segmen low MPV.

Baca juga: Perbedaan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya

“Iya biasanya kan memang selalu seperti itu (riset pasar),” ujar Amelia.

Segmen low MPV menjadi segmen terlaris di Indonesia. Penjualan mobil MPV cukup tinggi, diiringi dengan banyaknya pemain di segmen ini. Maka dari itu inovasi sudah semestinya dilakukan supaya tidak kalah saing dengan kompetitor.

Sementara itu, Daihatsu bersama dengan Toyota diketahui tengah merancang platform masa depan kendaraan mereka. Platform ini diberi nama Daihtasu New Global Architecture (DNGA). Ini masuk dalam skenario bisnis jangka panjang Daihatsu yang disebut D-Challenge 2025.

Sebelumnya pabrikan mobil asal Negeri Samurai itu sudah menghadirkan Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini disematkan di beberapa mobil Toyota. Di antaranya Prius generasi ketiga, Camry generasi ketujuh dan C-HR dengan kelengkapan varian hybrid.

Sementara DNGA belum memiliki satu model pun. Bisa jadi MPV hybrid konsep Daihatsu yang akan diperkenalkan dua bulan lagi itu akan memakai platform DNGA. Amelia menyebutkan semua DNGA sudah disiapkan bersama dengan Toyota. Mereka sudah memutuskan mana yang menjadi peran Daihatsu dan mana yang peran Toyota. Akan tetapi untuk strategi produk global masing-masing sudah memiliki peran.