Home Motor Kelebihan Lambretta V200 Special Sang Rival Vespa

Kelebihan Lambretta V200 Special Sang Rival Vespa

295
0




OTONITY.com – Vespa sebelumnya seolah menjadi tunggal di Indonesia. Dengan jajaran produknya yang berkelas dan ikonik, Vespa berhasil memikat hati banyak pecinta skuter klasik dan bercita rasa Eropa. Akan tetapi kini Vespa dihadang oleh rival yang tak kalah menggoda, yakni Lambretta.

Belum lama ini Lambretta resmi memeriahkan pasar roda dua di Tanah Air. Ada dua model yang diperkenalkan, yakni V125 dan V200 Special. Lambretta V200 Special akan menjadi fokus kali ini. Pasalnya motor baru ini mempunyai fitur terlengkap dibanding saudaranya. Mari kita bahas kelebihan dari Lambretta V200 Special yang dijual di Indonesia.

Teknologi LED

Tampang boleh klasik, namun teknologi yang disematkan pada Lambretta V200 Special sudah modern. Salah satu di antaranya adalah hadirnya lampu LED yang bertugas menjadi sistem penerangan pada motor ini.

Cahaya LED dikenal memiliki sinar yang lebih terang. Selain itu ukuran LED jug alebih kecil sehingga memberikan kesempatan untuk memanipulasi bentuk rumah menjadi lebih menarik. Lampu LED juga bisa memberikan sentuhan modern pada motor, sekaligus lebih hemat daya.

Lampu ini dibingkai dengan desain yang menarik dan atraktif. Bisa dibilang tampilannya lebih menarik dan unik dari kompetitor senegaranya itu.

Mesin Bertenaga

Melirik dapur pacunya, Lambretta V200 Special mengandalkan mesin berkapasitas 169 cc dengan sistem injeksi dan berpendingin udara. Rasio kompresi dapur pacu ini mencapai 10,2:1. Menariknya mesin ini sudah memenuhi standar Euro4. Hanya saja itu berarti bensin yang dipakai setidaknya harus memiliki oktan RON 95.

Menurut catatan teknisnya, mesin V200 Special itu dapat menghasilkan tenaga sebesar 12 PS pada putaran 8.000 rpm. Lalu untuk torsi maksimumnya mencapai 12,2 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang lewat transmisi Continuously Variable Transmission (CVT). Alhasil pengendara cukup mengontrol bukaan gas saja untuk berakselerasi.

Catatan konsumsi bahan bakar skuter Lambretta ini juga tidak mengecewakan. Lambretta V200 Special diklaim dapat menorehkan angka konsumsi BBM sebesar 34,4 km/liter. Jika dikalikan total kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 6 liter, maka motor Lambretta ini bisa menempuh jarak 200 km dalam sekali isi.

Tempat Penyimpanan Lega

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Lambretta V200 Special adalah bagasi di bawah jok yang cukup lega. Bahkan Anda bisa menyimpan satu helm standar di dalamnya. Di samping itu Lambretta juga menyematkan hook atau kait di area floor depan untuk menggantung helm tambahan atau barang kecil.

Motor ini juga memiliki glove box di depan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan sarung tangan atau barang kecil lainnya. Sehingga ketika berkendara pengguna tidak perlu membuka kompartemen di bawah bangku.

Baca juga: Daftar Harga Vespa Matik Piaggio

Punya Power Outlet

Seakan sudah menjadi kewajiban untuk motor baru yang beredar di tahun 2019 ini dilengkapi dengan fitur colokan charger. Dan fitur ini juga dihadirkan Lambretta pada V200 Special ini. Ada power outlet yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya gadget penggunanya. Colokan ini berada di kompartemen depan. Dengan begitu pengendara tidak perlu khawatir kehabisan daya smartphone saat berkendara jarak jauh sekalipun.

Dua Cakram

Sistem pengereman Lambretta V200 Special tak kalah mumpuni. Skuter asal Italia ini dilengkapi dengan rem cakram yang terdapat di kedua ban. Di depan memiliki ukuran 226 mm, lalu bagian belakang 220 mm. Kombinasi keduanya akan membuat pengereman menjadi lebih maksimal. Selain itu keberadaan rem cakram ini membuat tampilan motor menjadi lebih sporty.

Anti-lock Braking System (ABS)

Tidak hanya memiliki dua cakram, Lambretta V200 Special juga dilengkapi dengan fitur ABS untuk mendukung pengereman. Akan tetapi pengaplikasiannya hanya di depan saja, sedangkan yang belakang tidak. Fitur ini memanfaatkan komputer untuk mengontrol kerja kampas dalam menekan rem.

Sehingga ban depan tidak mengalami selip. Termasuk ketika rem dioperasikan dengan keras. Hal ini akan membuat motor tetap bisa dikendalikan dan untuk menghindari halangan di depan. Fitur tersebut juga sangat bermanfaat ketika melalui jalanan basah.

Itulah beberapa keunggulan motor baru Lambretta ini. Harga Lambretta V200 Special di Indonesia mencapai Rp 52,5 juta dengan status on the road (OTR) Jakarta. Bisa menjadi opsi baru yang memikat untuk Anda para pecinta skuter Eropa, terutama para penggemar Lambretta yang sudah lama menunggu kembali hadirnya sang legenda.