Home Mobil Mobil Sport Nissan GT-R Terbaru Disiapkan, Akan Lebih Canggih?

Nissan GT-R Terbaru Disiapkan, Akan Lebih Canggih?

556
0

OTONITY.com – Nissan punya banyak mobil bersejarah, GT-R adalah salah satu diantaranya. Mobil ini sebenarnya masih beredar di pasaran. Hanya saja Nissan GT-R sudah lama tidak mendapat pembaruan, tepatnya sudah 13 tahun.

Maka dari itu tersiar kabar bahwa pabrikan mobil asal Jepang itu akan melakukan pembaruan total pada Nissan GT-R R35 dalam waktu dekat. Diungkapkan bahwa mobil sport ini akan hadir lebih modern dibanding pendahulunya. Kabarnya mobil Nissan ini akan mengandalkan mesin hybrid sebagai sumber performanya.

Hiroshi Tamura, Kepala Spesialis Produk Nissan GT-R dalam sebuah wawancara mengungkapkan bahwa pabrikan tengah menyiapkan elektrifikasi yang menawarkan performa lebih baik. Hanya saja spesifikasi lebih lanjut mengenai mobil tersebut masih dirahasiakan.

“Itu semua tergantung pada konsumen. Jadi, jika konsumen benar-benar menginginkan sedan sport EV, maka saya akan melakukannya. Tapi jika konsumen menginginkan sedan sport bermesin pembakaran internal, saya tentu harus melakukannya juga,” ungkapnya, mengutip dari engadget.

Perlu diketahui, Tamura merupakan orang yang cukup penting dalam Nissan GT-R. Ia adalah tokoh penting yang mengembalikan eksistensi dari Nissan GT-R R35 di tahun 2007 kemarin setelah sebelumnya generasi Nissan Skyline GT-R R34 berhenti dipasarkan pada 2002.

Baca juga: Supercar Ferrari 488 Pista Indonesia

Walaupun sebenarnya usia GT-R R35 sudah cukup lama, ia mengatakan hal itu masih wajar dan belum terlalu tua. Hal tersebut didasari pada masa lalu Nissan GT-R yang sempat menahan eksistensi dari mesin RB26 sejak generasi Nissan Skyline GT-R R32 sampai Nissan Skyline GT-R R34.

Usia dari eksistensi RB26 itu mencapai 13 tahun, lebih lama 1 tahun dibandingkan dengan usia Nissan GT-R R35 yang beredar saat ini. Untuk itu Tamura mengatakan bahwa usia Nissan GT-R R35 masih tergolong normal.

Sementara itu, salah seorang sumber mengatakan bahwa Nissan akan tetap mempertahankan mobil sport di waktu yang sama. Itu artinya GT-R nantinya bukan hanya satu-satunya mobil yang dihadirkan oleh Nissan.

“Ya, kami sedang bekerja keras untuk kemungkinan-kemungkinan tersebut,” ungkap Kepala Perencanaan NIssan Philippe Klein. Ia menambahkan pihaknya tidak ingin menutup kemungkinan untuk mengadopsi teknologi yang ada saat ini.

Kembali ke Nissan GT-R, disebutkan bahwa mobil ini akan selalu difokuskan pada sektor keseimbangan total mobil. Menurut Tamura, keseimbangan merupakan kata kunci yang terkadang membosankan. Akan tetapi sangat penting untuk tenaga mesin, sistem pengereman dan aerodinamika. Kombinasi tersebut dikatakan penting untuk mobil sport.

Walaupun Nissan sendiri masih ragu mengenai dapur pacunya, Alfonso Albaisa, petinggi divisi desainer Nissan mengakui bahwa elektrifikasi adalah suatu kemungkinan, walaupun belum diamininya.

ÔÇťApakah kita melakukan banyak elektrifikasi atau tidak sama sekali, kita dapat mencapai banyak hal, dari segi kekuatan. Yang pasti kami akan membuat ‘platform’ baru dan tujuan kami menciptakan GT-R harus menjadi mobil tercepat dari jenisnya. Untuk mewujudkannya, tidak berarti harus bertenaga listrik,” jelasnya.