Home Motor Motor Kawasaki Rilis di JFK 2019, KLX 230?

Motor Kawasaki Rilis di JFK 2019, KLX 230?

420
0

OTONITY.com – Angin segar datang dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Agen pemegang merek Kawasaki itu berencana menghadirkan motor baru bersamaan dengan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019. Undangan peluncuran produk baru tersebut sudah disebar ke awak media.

Hanya saja tidak disebutkan motor Kawasaki apa yang akan hadir di JFK 2019. Akan tetapi kuat dugaan bahwa model yang akan hadir merupakan sebuah motor trail. Bukan tanpa alasan, sebab PT KMI terbilang serius dalam terjun di segmen ini. Kawasaki Indonesia dikenal memiliki banyak jajaran motor penggaruk tanah. Sehingga tidak mengherankan bila Kawasaki berhasil menjadi pemimpin pasar motor trail.

Menurut rumor yang beredar, Kawasaki akan meluncurkan KLX230. Motor ini sempat muncul beberapa bulan lalu. Pada Kawasaki Fest Day 2019 beredar informasi dari tenaga penjualan yang menyebutkan bahwa KMI tengah menyiapkan Kawasaki KLX 230.

Baca juga: Daftar Harga Motor Kawasaki Terbaru

Menurut informasi merek motor asal Negeri Samurai itu siap untuk menghadirkan motor offroad yang akan diposisikan di antara KLX 150 dan 250. KLX150 Series merupakan lini pendongkrak volume penjualan bagi Kawasaki. Sedangkan KLX 250 merupakan motor trail kelas medium.

Yang menjadi permasalahan, harga Kawasaki KLX 250 terlalu mahal. Sebab motor ini sendiri menggunakan mesin yang sama dengan Kawasaki Ninja 250. Oleh karenanya harga motor ini bisa menembus di atas Rp 60 jutaan. Maka dari itu Kawasaki memberikan jawaban atas kondisi tersebut.

Kawasaki KLX 230 memiliki mesin berkapasitas 230 cc yang bisa menjadi jawaban kepada konsumen yang ingin motor di atas KLX 150. Motor ini dibekali dengan teknologi yang tak secanggih KLX 250, namun lebih baik dari KLX 150.

Kabarnya motor baru Kawasaki ini mengandalkan mesin 2-silinder berpendingin cairan. Sistem asupan bahan bakar yang diregulasi computer (ECU) atau injeksi juga dikabarkan hadir.

Melihat bocoran yang beredar, Kawasaki KLX 230 terlihat mirip dengan KLX 150. Akan tetapi perbedaan terlihat pada dapur pacunya. Sebagai pembanding, KLX 150 mengandalkan mesin 1 silinder SOHC dengan diameter dan langkah 67 x 66 mm. Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 14,6 kw atau 19,6 dk pada putaran 8.000 rpm.

Jika benar, maka motor trail Kawasaki ini bisa menjadi alternatif lain bagi pecinta motor offroad yang kurang menyukai KLX 150. Seperti yang diketahui, Kawasaki KLX 150 masih mengandalkan mesin dengan sistem karburator konvensional. Hal ini membuatnya terlihat ketinggalan zaman dibanding Honda CRF150L. Sang rival itu sejak pertama kali diperkenalkan sudah mengusung sistem pembakaran injeksi yang diatur oleh ECU.

Bila dirilis, harga Kawasaki KLX 230 diperkirakan mencapai Rp 50 jutaan. Harga yang lebih terjangkau dari KLX 250 yang beredar di pasaran saat  ini.

Peluncuran motor off road Kawasaki itu rencananya akan dilakukan pada hari pembukaan JFK pada 22 Mei besok. Informasi mengenai spesifikasi dan harga resmi dari motor ini menyusul. Tertarik untuk membeli motor baru ini?