Home Mobil Mobil Baru Mitsubishi Segera Rilis, Eclipse Cross?

Mobil Baru Mitsubishi Segera Rilis, Eclipse Cross?

360
0

OTONITY.com – Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 akan digelar dalam waktu dekat. Di dalam pameran otomotif tahunan ini akan ada banyak peserta. Dari jajaran roda empat, ada PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang menjadi salah satu peserta pameran.

Nantinya GIIAS 2019 akan menjadi kesempatan agen pemegang merek Mitsubishi itu untuk memperkenalkan mobil terbarunya. Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI menerangkan pihaknya akan memperkenalkan beberapa mobil Mitsubishi terbaru.

“Di GIIAS kami akan memperkenalkan beberapa produk baru,” ujarnya.

Akan tetapi dirinya tidak bersedia memberikan informasi produk baru apa saja yang akan dihadirkan oleh Mitsubishi Indonesia. Ia hanya meminta untuk menunggu saat peluncuran nanti.

Iwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI juga belum bersedia memberikan bocoran. “Seperti yang tadi disampaikan Nakamura kami akan menghadirkan beberapa model, tapi tidak bisa kita bocorkan sekarang. Jadi kita tunggu saja,” ungkapnya.

Baca juga: Interior Mitsubishi Xpander, Fitur Melimpah

Tidak cukup sulit untuk menebak mobil apa saja yang kemungkinan hadir di Indonesia. Salah satu kemungkinannya adalah Mitsubishi Eclipse Cross. Mobil ini digadang-gadang akan masuk di Indonesia. Eclipse Cross diisukan akan menggantikan posisi Outlander Sport yang sejauh ini tidak mendapat perhatian serius dari pabrikan mobil berlogo tiga berlian itu.

Kabar mengenai kehadiran Eclipse Cross di Indonesia juga dibenarkan oleh salah satu grup dealer Mitsubishi, Srikandi Diamond Motors. “Ya seperti di luar negeri itu, Eclipse Cross,” jelas Bagus Marsetiadi, Branch Manager Sales Department Srikandi Diamond Motors.

Menurut informasi yang ia terima, Mitsubishi Eclipse Cross akan diposisikan di atas Pajero Sport. Hanya saja belum diketahui informasi lebih detailnya.

“Ya dengar-dengar sih di atas Pajero Sport. Saya spesifik belum tahu. Karena kalau di luar jelas seperti itu cuma yang akan masuk sini seperti apa spek-nya, bagaimana kami belum tahu. (Spesifikasi) yang jelas pengaruhi harga,” bebernya.

Sekilas informasi, Mitsubishi Eclipse Cross memiliki dimensi panjang 4.405 mm, dengan lebar 1.805 mm dan tinggi 1.685 mm. Wheelbase atau panjang sumbu roda mobil ini mencapai 2.670 mm.

Untuk dapur pacunya Mitsubishi Eclipse Cross memiliki dua opsi. Yakni mesin bensin 1.500 cc direct-injection dan diesel berkapasitas 2.200 cc. Sementara penggerak rodanya ada dua tipe, yakni penggerak roda depan dan AWD.

Di pasar ASEAN, baru Singapura yang memasarkan SUV tersebut. Di sana mobil ini mengandalkan mesin MIVEC 4B40 berkapasitas 1,5 liter turbocharged empat silinder. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 163 PS pada putaran 5.500 rpm dengan torsi maksimum 250 Nm pada rentang putaran 1.800 sampai 4.500 rpm. Mobil tersebut dibekali transmisi otomatis INVECS III CVT 8-percepatan.

Selain mobil SUV tersebut, kemungkinan lain mengarah pada Mitsubishi Triton generasi terbaru. Mobil pikap ini sudah lebih dulu hadir di Thailand pada November tahun lalu. Di sisi lain Irwan memberikan sinyal bahwa mobil Mitsubishi terbaru ini akan hadir di Indonesia tahun ini.

Kala itu Irwan mengatakan pihaknya masih mempelajari segala sesuatunya dari Triton terbaru. “Kenapa tahun depan karena kami masih mempelajari semuanya termasuk perencanaan spesifikasi dan lain sebagainya,” kata dia.

Sekilas informasi, Mitsubishi Triton terbaru hadir dengan tampilan yang baru dan jauh lebih segar. Kini tampilannya menjadi lebih modern dan juga gagah dibanding model pendahulunya.

Tidak hanya itu, desain Mitsubishi Triton terbaru juga tak lagi kaku seperti mobil niaga pada umumnya. Layaknya mobil Mitsubishi terbaru yang beredar saat ini, Triton 2019 mengandalkan bahasa desain Dynamic Shield. Bahasa desain ini juga kita jumpai pada Pajero Sport maupun Xpander.

Di sisi depan, terdapat lampu proyektor yang dipadukan dengan daytime running lights (DRL) LED. Sedangkan bagian mesin dibuat lebih tinggi sehingga tampak lebih kekar. Sementara di bagian samping terdapat garis bodi yang dibuat tajam. Lampu belakang juga mendapat pembaruan sehingga tak kalah memikat. Berbekal sederet ubahan tersebut desain eksterior Triton terbaru terlihat mirip dengan Pajero Sport.

Masih ada prediksi lain mengenai mobil baru Mitsubishi yang akan rilis di GIIAS 2019. Yakni Mitsubishi Outlander PHEV. Sejauh ini peraturan mengenai elektrifikasi di Indonesia memang belum selesai. Akan tetapi Nakamura pernah berjanji saat berjumpa dengan media Maret kemarin bahwa pihaknya akan menghadirkan kendaraan listrik atau hybrid di Indonesia.

Di samping Outlander PHEV, Mitsubishi Indonesia juga bisa saja menghadirkan Xpander versi crossover. Bisa jadi di GIIAS 2019 nanti MMKSI merilis versi resmi dari Xpander AP4 Concept yang sempat hadir di IIMS 2019. Hal ini juga dilakukan oleh Honda dengan melakukan perubahan dan pengembngan pada Mobilio sehingga menjadi BR-V. Mobil ini bisa membuat persaingan di segmen Low SUV semakin memanas jika memang hadir nantinya.

Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Mitsubishi Indonesia. Dari beberapa model di atas, mana yang menarik bagi Anda?