Home Motor Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX230 2019 Indonesia

Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX230 2019 Indonesia

550
0




OTONITY.com – Sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya, PT Kawasaki Motor (KMI) menghadirkan KLX230 di Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta. Motor Kawasaki terbaru ini merupakan kendaraan dual purpose yang hadir dengan konsep dirty bike.

Motor dual purpose ini menemani jajaran motor off road Kawasaki lain yang sudah lebih dulu hadir. Seperti KLX250, KLX150S, KLX150L, hingga KLX150BF. Beberapa motor ini sebelumnya juga mendapat perubahan desain dan juga spesifikasi untuk pasar Indonesia.

Michael C. Tanadhi, Kepala Bagian Promosi dan Penjualan menerangkan bahwa motor baru ini dirilis untuk para pecinta off road yang mempunyai hobi berkendara di medan tak beraspal. Ia juga mengklaim Kawasaki New KLX230 sangat ringan, bertenaga dan sangat mudah dipakai bermanuver.

Kawasaki KLX230 memiliki diameter roda yang lebih luas, long travel suspension, dan ground clearance yang pas sehingga dapat memberikan kemampuan off road yang memadai. “Dalam acara KLX230 world premier, Indonesia patut berbangga karena menjadi negara pertama yang meluncurkan kendaraan itu,” terang Michael.

Motor baru Kawasaki ini dirilis dalam dua varian, yakni standar dan Special Edition (SE). Keduanya ditawarkan dengan harga promo hingga Juni mendatang. Untuk harga Kawasaki KLX230 mencapai Rp 39,9 juta. Sedangkan harga Kawasaki KLX230 SE mencapai Rp 42,3 juta. Sesudah bulan Juni mendatang, harga motor ini akan berubah.

Penasaran seperti apa spesifikasinya? Berikut detail lengkap dari Kawasaki KLX230.

Desain

Baca juga: Modifikasi Kawasaki KLX 150

Motor ini memiliki tampilan yang mirip dengan KLX150 yang sudah beredar di Tanah Air. Akan tetapi terdapat beberapa perbedaan. Yang paling mencolok adalah batok lampu dan desain lampu depan alias headlamp yang lebih kotak dan besar. Di samping itu spatbor depan motor ini memiliki lekukan layaknya KX Series.

Perbedaan lain terdapat pada fairing samping dan desain jok yang dibuat rata. Akan tetapi untuk buritan tampak mirip dengan KLX150. Seperti bagian ekor, spatbor dan stoplamp.

Motor Kawasaki ini memiliki panjang 2.105 mm, dengan lebar 835 mm dan tinggi 1.165 mm. Jarak sumbu rodanya 1.380 mm dengan ground clearance 265 mm. Tinggi jok KLX230 mencapai 885 mm yang cukup ramah bagi mayoritas orang Indonesia. Dimensi ini membuat motor off road Kawasaki itu bisa dengan mudah bermanuver.

Meski diklaim sangat ringan, bobot Kawasaki KLX230 berdasarkan data teknisnya mencapai 132 kg. Itu artinya selisih 6 kg dari versi 250 cc. Dengan bobot tersebut membawa motor ini melibas medan off road berat bisa menjadi rintangan tersendiri bagi penggunanya.

Mesin

Berpindah ke dapur pacu, Kawasaki menyematkan mesin satu silinder berkapasitas 233 cc 2-valve pada KLX230 dengan performa yang terbilang bagus. Output daya mesin ini diklaim mencapai 19 PS pada putaran 7.600 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya 19,8 Nm pada putaran 6.100 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang via transmisi manual 6-percepatan.

Jantung pacu ini memiliki diameter x langkah 67 x 66 mm dengan rasio kompresi 9,4:1. Seluruh rancang bangunnya diklaim benar-benar baru. Untuk suplai bahan bakarnya sudah memakai injeksi dengan ukuran throttle body 32 mm.

Teknologi tersebut membuat respons tenaga lebih presisi dan halus. Di samping itu pengaturan bahan bakar menjadi lebih stabil dan efisien. Sementara untuk pendinginan mesin masih mengandalkan udara. Kawasaki berpendapat pendinginan udara jenis ini membutuhkan lebih sedikit part dibanding pendingin cairan. Hal ini akan berdampak pada bobot sasis yang lebih ringan dan kopak.

Rangka dan Kaki-kaki

Tidak hanya tampilannya saja yang mirip, rangka motor dual purpose ini juga mirip dengan versi 150 cc. Akan tetapi tetap ada perbedaan kecil di antara keduanya. Kawasaki menyebutnya sebagai All new perimeter frame. Artinya bermodel tubular dengan semi-double cradle. Konstruksi tersebut dinilai dapat memberikan impresi menyenangkan ketika bermanuver di medan tanah.

Melirik sektor kaki-kaki, suspensi depan Kawasaki KLX230 berjenis fork teleskopik dengan diameter 37 mm. Lebih besar dari varian 150 cc. Akan tetapi tidak ada opsi yang menggunakan upside-down.

Melirik belakang, terdapat suspensi tunggal dan swing arm uni-track yang dapat diatur dalam lima level. Keduanya mempunyai travel yang terbilang panjang dan mampu meredam benturan dengan baik. Ground clearance 265 mm juga akan memudahkan motor ini untuk melewati medan ekstrem.

Untuk semakin memudahkan pengendalian, sektor roda juga mengandalkan spesifikasi yang sesuai. Kawasaki KLX230 dibekali pelek jari-jari dengan ban semi off road. Di depan berukuran 2.75-21 45P dan belakang 4.10-18 59P. Di samping itu juga terdapat rem cakram model gelombang 240 mm kaliper dua piston di depan. Untuk bagian belakang berdiameter 220 mm dengan kaliper satu piston.

Fitur

Kawasaki KLX230 dibekali dengan layar LCD berbentuk persegi panjang. Semua informasi ditampilkan secara digital dengan format yang mudah dibaca. Informasi yang dapat dibaca pengendara juga terbilang lengkap untuk motor trail. Ada Speedometer, dual trip meter, odometer, waktu, indikator lampu dan fuel gauge.

Baca juga: Perbandingan Kawasaki KLX 150

Selain itu motor Kawasaki terbaru ini juga dibekali dengan tangki bahan bakar yang kapasitasnya sedikit lebih besar dari saudaranya, yakni 7,5 liter. Tangki yang besar tentunya akan membuat motor ini bisa menjangkau area yang lebih luas.

Varian

Seperti yang disinggung di atas, motor ini tersedia dalam varian Standard dan Special Edition (SE). Untuk varian Standard terdapat dua opsi warna, yakni Lime Green dan Ebony Black. Untuk bagian pelek dilabur dengan warna aluminium.

Sedangkan versi SE dihiasi dengan decal grafis yang lebih berwarna. Juga terdapat angka 250 yang terdapat di fairing belakang dengan warna dasar hitam. Motor ini juga dilengkapi dengan hand-guard dan engine guard. Selain itu temanya juga terbagi dua, yakni Oriental Blue dengan dominasi warna biru dan Firecracker Red yang tampil dengan warna merah.

Jika tertarik membeli, konsumen sudah dapat melakukan pemesanan sekarang. Paling cepat unit akan diterima setelah lebaran. Produk ini juga dipasarkan KMI ke fleet. Target penjualan motor ini mencapai 10.000 unit dalam satu tahun. Jika ditambah rencana ekspor ke Amerika, targetnya naik menjadi 25.000 unit.

Motor ini bisa dibilang mempunyai peluang yang bagus. Sebab di segmennya Kawasaki KLX230 bermain sendirian. Harga yang selisih tipis dengan versi 150 cc juga akan menggoda calon konsumen motor trail untuk membeli KLX230 ketimbang KLX150.