Home Mobil Mobil Audi dan Volkswagen Terbaru Segera Hadir di GIIAS 2019

Mobil Audi dan Volkswagen Terbaru Segera Hadir di GIIAS 2019

410
0

OTONITY.com – PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen pemegang merek Audi dan Volkswagen (VW) di Indonesia memastikan keikutsertaannya pada perhelatan akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Tidak hanya itu, di sana mereka akan meluncurkan dua SUV baru.

Kedua mobil baru tersebut adalah Audi Q8 dan VW Tiguan Allspace. Kedua mobil SUV ini siap memeriahkan jalannya pameran yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT GMM menerangkan saat ini SUV menjadi salah satu pilihan utama konsumen otomotif di Indonesia. “Dengan membawa berbagai keunggulan dalam hal kemewahan, teknologi modern serta ketangguhannya, kami akan memperkenalkan SUV terbaru lansiran Audi, yaitu Q8 serta SUV keluarga 7-penumpang milik VW yaitu Tiguan Allspace di pasar Indonesia,” jelasnya.

Ia menambahkan kedua mobil baru tersebut rencananya akan dijual pada semester kedua tahun 2019 ini. Mari kita berkenalan dengan kedua mobil baru tersebut.

Audi Q8 memberikan perpaduan terbaik antara keistimewaan SUV mewah 4-pintu dengan kepraktisan sebuah SUV berdimensi besar. Mobil ini dibekali dengan banyak fitur modern. Tidak hanya itu, Audi Q8 juga tangguh dalam menghadapi medan off-road. Keunggulannya itulah yang membuat mobil Audi ini cocok untuk konsumen berjiwa petualang maupun para pebisnis.

Baca juga: Tips Membeli Audio Mobil

Melihat dimensinya, mobil ini mempunyai panjang 4,99 meter, lebar 2,00 meter dan tinggi 1.71 meter. Dimensinya tidak sebesar Audi QS. Akan tetapi jarak sumbu rodanya mencapai 3,00 meter sehingga akan memberikan kabin yang lapang.

Melihat sisi eksteriornya. Audi Q8 mengusung grille Singleframe yang menjadi ciri khas dari mobil Audi. Akan tetapi bentuknya kini menjadi oktagonal. Hal ini membuat Q8 menjadi mobil pertama yang menawarkan tampilan terbaru dari line up SUV Q Audi. Layaknya SUV pada umumnya, mobil ini memiliki kesan berotot yang cukup kuat, dengan spoiler dan lubang udara besar yang membuatnya tampak menarik.

Audi Q8 dibekali dengan sistem penggerak empat roda Quattro. Sistem ini juga menjadi ciri khas lain dari mobil Eropa itu. Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke rda-roda lewat differential tengah yang mendistribusikan tenaga 40:60 ke sumbu roda depan dan belakang.

Bila diperlukan, rasio distribusi tenaga ini dapat diubah ke sumbu roda yang memerlukan traksi lebih baik. Untuk menunjang pengalaman berkendara yang memuaskan, Audi Q8 mempunyai ground clearance 254 mm dan dipadukan dengan suspensi yang sudah mengusung damper control.

Beralih ke fitur hiburan, Audi menyematkan layar berukuran 10,1 inci yang berfungsi sebagai navigasi dan juga infotainment. Terdapat layar kedua berukuran 8,6 inci yang terletak di bawahnya. Layar ini berfungsi untuk mengatur penyejuk kabin, fungsi kenyamanan dan input tulisan. Tidak hanya itu, di balik setir kemudi juga terdapat virtual kokpit berupa layar 12,3 inci yang akan menampilkan berbagai informasi kepada pengemudi.

Untuk performanya, Audi Q8 mengandalkan mesin V6 bensin berkapasitas 3 liter. Output dayanya diklaim bisa mencapai 340 hp dengan torsi hingga 500 Nm. Mesin itu ditemani dengan transmisi 8-percepatan triptonik. Performanya tidak mengecewakan, mobil ini bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,9 detik.

Selanjutnya, VW Tiguan Allspace yang juga akan masuk Indonesia mempunyai tawaran yang tak kalah memikat. Mobil ini diklaim cocok untuk dipakai perjalanan hingga liburan bersama keluarga. Tiguan Allspace mempunyai kabin yang luas untuk memberikan kenyamanan yang baik.

Mobil ini membawa platform MQB yang membuatnya mempunyai dimensi besar dengan jarak sumbu roda lebih panjang 77 mm dari versi pendahulunya. Menariknya SUV ini mempunyai daya tampung hingga 7-penumpang.

VW Tiguan Allspace juga menawarkan fleksibilitas pada kursi baris ketiga dengan pelipatan bangku. Sehingga kapasitas bagasi yang awalnya hanya 230 liter bisa bertambah menjadi 700 liter ketika baris ketiga dilipat dan 1.775 liter saat kursi baris kedua dilipat.

Di sisi performa VW Tiguan Allspace mengandalkan mesin 1,4 TSI. Tenaga puncaknya mencapai 150 bhp dengan torsi 250 Nm. Transmisinya memakai otomatis 6-percepatan kopling ganda plus triptonic. Mobil SUV ini diklaim bisa melesat 0-100 km/jam dalam waktu 9,5 detik dan dapat menembus kecepatan 202 km/jam.