Home Motor Motor Sport Spesifikasi Benelli 249S yang Rilis di Indonesia

Spesifikasi Benelli 249S yang Rilis di Indonesia

769
0




OTONITY.com – Benelli hadir di JFK 2019 dengan menghadirkan motor terbarunya, 249S. Motor ini terjun di kelas naked sport bermesin 250 cc. Daya tarik dari motor Benelli terbaru ini terdapat pada tampilannya yang tangguh dan harga yang bersaing.

“Kami bangga mempersembahkan Benelli 249S kepada masyarakat. Motor ini merupakan bukti eksistensi Benelli yang menawarkan motor naked sport dengan harga bersaing,” ungkap Steven Kenjtana Putra, Chairman Benelli Motor Indonesia.

Benelli TNT 249S dijual dalam tiga varian warna. Antara lain hitam, putih dan hijau lemon. Harga Benelli 249S versi hitam dan putih mencapai Rp 57 juta. Sedangkan khusus warna hijau dijual Rp 58 juta. Harga motor tersebut merupakan on the road (OTR) Jakarta.

Tertarik untuk membeli motor terbaru Benelli ini? Tidak ada salahnya untuk melihat bagaimana spesifikasinya terlebih dahulu. Berikut adalah detail spesifikasi Benelli 249S yang hadir di Indonesia.

Desain

Melihat desainnya, Benelli 249S tampak mirip dengan TNT 302S. Benelli Indonesia memadukan bodi TNT 302S dengan mesin TNT 250 sehingga harga Benelli 249S bisa kompetitif dengan produk asal Jepang.

Baca juga: Daftar Harga Motor Sport 250cc

Desain motor ini juga terlihat menarik. Tampilan depan terdapat lampu utama khas motor naked sport yang meruncing. Tampilannya terlihat seperti KTM Duke 390. Hanya saja lampu 249S lebih bertekstur, sedangkan pada Duke terlihat datar.

Kapasitas tangki bahan bakarnya juga cukup besar, yakni mencapai 16 liter. Walaupun dimensinya cukup besar, Benelli membuat patahan yang tinggi sehingga paha pengendara akan lebih nyaman selama perjalanan. Lalu untuk sasis tralis sengaja diekspos untuk memperkuat kesan motor sport naked.

Suspensi belakang monoshock Benelli 249S terlihat unik. Sebab pabrikan menaruhnya di sisi kanan layaknya Ducati Scrambler. Meski hanya penempatan saja yang berbeda, hal ini membuat Benelli 249S lebih berkelas.

Fitur

Fitur juga menjadi perhatian utama Benelli dalam mengembangkan motor ini. Salah satunya adalah dipakainya lampu LED di semua sistem pencahayaan. Untuk lampu depan memakai LED proyektor dengan tambahan DRL yang mengelilingi batok. Sementara lampu sein depan dan belakang serta stop lamp juga sudah memakai LED.

Tidak hanya itu, sentuhan modern juga terlihat pada hadirnya instrument cluster yang sudah memakai LCD. Fitur ini menampilkan informasi speedometer, tripmeter, jam, suhu mesin hingga pengukur bensin.

Suspensi depan motor ini juga sudah memakai upside down dengan lingkar 41 mm dengan jarak main 13,5 mm. Untuk suspensi belakang memakai monoshock yang tingkat kekerasannya bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Perangkat penghenti laju sudah memakai dual disc brake berdiameter 260 mm yang dikombinasikan dengan kaliper 4 piston. Di bagian belakang memakai single disc berukuran 240 mm dengan satu piston. Benelli mengklaim 249S menjadi satu-satunya yang sudah dilengkapi double disc di kelasnya.

Baca juga: Daftar Harga Motor Sport 150cc

Sektor kaki-kaki dibuat lebih kekar. Pelek depan berdiameter 17 inci dengan lebar 3,5 inci dan dikombinasikan ban Zeneos berukuran 120/70. Untuk pelek belakang berdiameter 17 inci dengan lebar 4,5 dan dibalut ban Zeneos 160/60. Bahkan Benelli Indonesia mengklaim motor ini masih bisa dipasang roda yang lebih besar lagi.

Mesin

Seperti yang dijelaskan di atas, Benelli 249S mengandalkan mesin yang sama dengan TNT 250. Akan tetapi ada sedikit perbaikan pada ECU untuk meningkatkan torsi sehingga tenaga di putaran tengah bawah menjadi lebih padat.

Melirik spesifikasinya, mesin ini mempunyai kapasitas 249 cc dengan konfigurasi 2-silinder segaris, 4-katup, injeksi. Bore x strok-nya 61 mm x 42 mm. Tenaga maksimumnya diklaim mencapai 37,5 hp pada 11.000 rpm dengan torsi sebesar 25,6 Nm pada putaran mesin 9.750 rpm.

Berdasarkan output tersebut, tenaga motor Benelli ini lebih besar dari Yamaha MT-25 yang mempunyai tenaga 35,5 hp pada 12.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Bahkan juga lebih besar dari Kawasaki Z250 yang memiliki tenaga 31,5 hp pada 11.000 rpm dan torsi 21 Nm pada 10.000 rpm.

Kelebihan lain dari Benelli 249S ada pada suaranya. Benelli mengklaim suara motor ini sudah seperti motor gede.

Jika berminat, Benelli 249S ini sudah bisa langsung dipesan. Akan tetapi Anda harus bergegas, sebab PT Benelli Motor Indonesia memasarkan motor baru ini dalam jumlah yang terbatas.