Home Motor Motor Gede Detail Singkat Suzuki Katana, Motor Seharga Mobil

Detail Singkat Suzuki Katana, Motor Seharga Mobil

652
0

OTONITY.com – Pabrikan motor asal Jepang, Suzuki mempunyai beberapa motor baru yang menjadi senjata andalan untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin panas. Salah satunya adalah Suzuki Katana. Kabar baiknya motor ini menyambangi Indonesia belum lama ini.

Untuk saat ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang hanya sebatas memperkenalkan motor gede tersebut. Akan tetapi motor Suzuki ini disebut-sebut siap dijual di Indonesia pada akhir tahun ini. Informasi ini diungkapkan langsung oleh Yohan Yahya, Department Head of Sales and Marketing Two Wheels (2W) PT SIS.

“Kalau sekarang belum ada barangnya, ya paling akhir tahun. Harganya mungkin di atas 500 juta,” kata Yohan.

Yohan tidak menampil jika sudah ada permintaan untuk moge Suzuki terbaru ini. Maka dari itu PT SIS selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia memperkenalkan motor tersebut di Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Baca juga: Berita Terbaru Suzuki Burgman Indonesia

“Permintaan sudah ada, jadi banyak orang yang ingin melihat secara langsung. Kalau ada permintaan pasti bakal kami jalankan,” jelasnya.

Suzuki Indonesia sendiri sampai sekarang belum membuka booking fee untuk Suzuki Katana di JFK 2019. Menurut Yohan itu terlalu cepat. Sebab peluncurannya sendiri belum ditentukan, sehingga harganya juga masih tentatif.

“Waduh saat ini bicara DP (down payment) di sini kita masih bingung juga, ada tidak leasing yang mau ya. Motornya juga belum ada,” kata Yohan.”Tidak kita tidak membuat booking fee,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Suzuki Katana yang dipamerkan di arena Jakarta Fair yang berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran tidak berbeda dengan yang hadir di Esposizione Internazionale Ciclo e Motociclo e Accesori International (EICMA) maupun pameran roda dua di negara-negara lain.

Jika melihat tampangnya, Suzuki Katana tampak mirip dengan Suzuki GSX1100SS. Akan tetapi Suzuki memadukan gaya klasik dengan sentuhan modern.

Hal tersebut tampak saat melihat desain lampu depan dan belakang. Tampilannya sengaja dibuat ala motor jadul. Di samping itu terdapat half fairing meruncing yang membuat Suzuki Katana semakin berkarakter dan unik.

Bagian buritan terlihat pendek dengan tampilan yang bersih karena hanya ada lampu belakang. Sementara sein belakang dipadukan dengan dudukan plat nomor pada mud guard.

Suzuki Katana memiliki panjang 2.130 mm, dengan lebar 835 mm dan tinggi 1.110 mm. Jarak sumbu rodanya 1.460 mm dengan tinggi jok 825 mm dan bobot mencapai 215 kg. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 12 liter.

Melirik sektor kaki-kaki, motor ini mengandalkan suspensi depan upside down 43 mm lansiran KYB yang bisa diatur. Bagian belakang mengandalkan mono shock link yang juga dapat diatur. Untuk rangkanya memakai twin-spar aluminium yang diklaim ringan dan mendukung kelincahan.

Baca juga: Motor Terbaru Suzuki Gixxer 250cc

Melirik dapur pacunya, Suzuki Katana mengandalkan mesin berkapasitas 999 cc inline-four. Mesin ini satu basis dengan Suzuki GSX-R1000. Mesin tersebut diklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 150 daya kuda pada 10.000 rpm dengan torsi mencapai 108 Nm pada putaran 9.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan lewat girboks kopling ganda 6-percepatan.

Motor Suzuki ini memakai rem cakram di depan dengan ukuran 310 mm lansiran Brembo. Sedangkan bagian belakang memakai cakram single piston Nissin. Keduanya sudah dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) buatan Bosch.

Sedangkan untuk menunjang pengendaraan Suzuki menyematkan fitur kendali traksi dalam tiga mode yang dapat dipilih pengendara. Yang pertama adalah mode berkendara sport dengan gangguan minimal. Lalu mode kedua memberikan keseimbangan ideal untuk kondisi jalan tipikal. Mode ketiga akan memberikan traksi maksimal saat melintasi medan yang tidak bagus.