Home Mobil Detail Toyota Supra A90, Punya 2 Versi Mesin

Detail Toyota Supra A90, Punya 2 Versi Mesin

322
0




OTONITY.com – Toyota Supra A90 akhirnya meluncur resmi di negara asalnya, Jepang. Mobil ini meluncur di Jepang setelah lebih dulu rilis di Amerika Serikat, Eropa dan negara lainnya. Kehadiran mobil ini menjadi babak baru bagi mobil legendaris Toyota itu. Seperti yang diketahui, Toyota A80 yang fenomenal beredar selama 17 tahun sebelum akhirnya mendapat pengganti.

Varian Toyota Supra A90 di Jepang lebih banyak dari negara lain. Ada tiga varian, antara lain SZ, SZ-R dan RZ. Sedangkan harga Toyota Supra A90 ini mencapai 4,9 juta yen (Rp 643,2 juta) untuk SZ, 5,9 juta yen (Rp 774,5) untuk SZ-R dan termahal 6,9 juta yen (Rp 905,8 juta). Ketiga varian ini mengandalkan penggerak roda belakang dan transmisi otomatis 8-percepatan sebagai standar.

Tidak cukup sampai di situ, perbedaan signifikan dengan Toyota Supra versi AS terletak pada opsi mesinnya. Mobil ini mempunyai dua pilihan mesin, yakni 3,0 liter dan 20 liter yang sudah disesuaikan setiap varian.

Semua mesin ini milik BMW yang memiliki porsi terbesar dalam kolaborasi antara Toyota Supra dan BMW Z4. Untuk varian teratas, RZ, dibekali dengan mesin B58 6-silinder inline 3,0 liter turbo. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 340 PS pada putaran 5.000 rpm dengan torsi puncak 500 Nm mulai 1.600 sampai 4.500 rpm. Kemungkinan mesin inilah yang akan ditawarkan bila Toyota Supra A90 hadir di Indonesia.

Baca juga: Toyota Corolla Hatchback

Sedangkan mesin berkode B48 yang memiliki kapasitas lebih kecil disematkan pada trim tengah dan bawah. Jantung pacu ini memiliki konfigurasi 4-silinder dengan kapasitas 2,0 liter turbo. Tenaga maksimumnya mencapai 258 PS pada 5.000 rpm dengan torsi 400 Nm pada putaran 1.550-4.400 rpm.

Output tenaga tersebut untuk varian SZ-R yang menjadi tipe tengah. Untuk varian termurah, SZ, juga mengusung mesin yang sama. Hanya saja tenaganya lebih kecil. Yakni 197 PS di 4.500 rpm dan 320 Nm antara 1.450 – 4.200 rpm.

Dari spesifikasi, jelas terlihat bahwa Toyota Supra A90 RZ yang lebih bertenaga. Mobil ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,3 detik. Sementara Supra SZ-R memiliki catatan akselerasi 5,2 detik dan SZ mencapai 6,5 detik. Hanya saja tidak diketahui kecepatan maksimumnya. Toyota membatasi kecepatan mobil ini sampai 249 km/jam.

Masih ada perbedaan lain antara varian mobil Toyota ini. Tipe RZ dan SZ-R sudah dilengkapi dengan suspensi adaptif dan differential belakang. Hal ini memungkinkan kemampuan powerslide lebih maksimal. Akan tetapi semua varian sudah dilengkapi dengan mode Sport. Fitur tersebut sanggup meningkatkan karakter dan respons mobil ke arah pengendaraan yang lebih dinamis.

Melihat tampilannya, Toyota Supra A90 RZ menjadi yang paling menarik. Sebab trim ini dilengkapi pelek berukuran 19 inci dengan ban Michelin Pilot Super Sport berukuran 255/35 di depan dan 275,35 di bagian belakang. Selain itu lubang knalpotnya juga lebih besar dengan diameter 100 mm. Untuk sistem pengereman memakai Brembo dengan kaliper 4 piston dan cakram 348 mm di depan dan satu piston dengan cakram 345 mm di belakang.

Baca juga: Mobil Toyota Starlet Bekas

Lalu untuk varian SZ-R dibekali pelek 18 inci, sementara SZ berukuran 17 inci. Tidak ada rem Brembo pada varian ini. Begitu juga dengan lubang knalpot yang berukuran 90 mm saja.

Di sisi interior, RZ dan SZ-R dibekali jok elektrik. Lain halnya dengan SZ yang masih manual. Selain itu tipe RZ sudah dilengkapi material kombinasi Alcantara dan kulit merah. Sementara Supra SZ-R kombinasi Alcantara dan kulit hitam dan SZ hanya berbahan fabric.

Ketiga varian di atas sudah dilengkapi sistem climate control dual-zone. Juga terdapat sistem infotainment Toyota Supra Connect. Mobil ini juga dilengkapi head unit monitor 8,8 inci dengan sound system 12 speaker dari JBL. Konektivitas Toyota Supra sudah mendukung Apple CarPlay. Juga terdapat head-up display yang tersedia untuk RZ dan SZ-R.